Senin, 20 Juni 2011

JAKARTA OH JAKARTA


Well, apa kesan pertama yang aku dapet dari ibukota ini? Yang pasti dan yang uda terkenal, yaitu macet. Soal macet, wow tiada duanya. Heran deh di Jakarta koq penduduknya ngga kurang-kurang ya, malah nambah terus (termasuk aku, hoho). Dulu, sempet bercita-cita untuk ngga akan tinggal di Jakarta, apapun alasannya. Tapi, lihatlah sekarang, demi mencari suasana baru, akhirnya tekad itu kalah juga. Sekarang, tekad kedua, yaitu ngga akan tinggal lama di Jakarta, well let’s see nanti gimana. Masalah lalu lintas Jakarta emang bikin stress, mule dari macetnya yang amat sangat bercanda, sampe masalah angkutan umum yang juga ngga kira-kira aturan maennya. Misalnya ni, nurunin penumpang seenaknya, kayak nurunin penumpang di tengah jalan. Awalnya setengah deg-degan ni diturunin di tengah jalan (ini beneran di tengah jalan), di tengah suasana jalan yang amat sangat padat, belum lagi pengendara motor yang suka nyelonong. Huaa, rasanya mo nangis deh, kayak orang bego di tengah jalan, untung macet, so orang-orang juga nyetirnya pelan-pelan. Oiya, berhubungan ama lalu lintas, satu lagi efek yang sangat mengganggu, yaitu polusi. Wuah tiap hari nyiumin knalpot bikin cape dan ngga enak juga.

Masalah kedua, anak jalanan. Wuih waktu ke Bandung, kayaknya aku ngerasa Bandung adalah kota dengan jumlah anak jalanan yang terbanyak, ternyata, Jakarta jauh lebih banyak. Segala jenis umur pun tersedia sebagai orang jalanan. Bukannya ngga simpati ato empati sama anak jalanan, tapi aku ngga suka dengan cara mereka. Kasar, ketus, dan ngga punya sopan santun. Aku maklum, ngga ada yang sempet ngajarin mereka untuk bersopan santun dan kerasnya hidup mereka yang bikin mereka kayak gitu. Tuntutan untuk nyari makan lebih tinggi dibandingkan dengan suatu kasta, tapi tetep aja ngga enak diliat dan didenger. Ni contohnya, ada pengamen yang dia itu (map) kurang lancar ngomongnya, tapi dia ngamen. So bisa dibayangin, kayak gimana suara ato jenis nyanyiannya yang berhasil kita dengar. Sebenernya kasian, tapi rasa kasian itu langsung nguap waktu ngeliat cara dia maintain duit dan kelakuan dia. Siapa yang ngga sebel coba kalo dipaksa buat ngasi. Sekali lagi, aku lebih percaya untuk nyumbang ke yayasan, soalnya paling ngga itu jelas tujuannya buat apa.

Selanjutnya, katanya, kehidupan di Jakarta itu amat sangat hedonis. Untuk yang ini, aku belum ngerasain si, soalnya lingkungan ku termasuk yang biasa aja, ngga terlalu hedon lah. Katanya banyak kaum sosialita yang bertebaran. Yah ini bisa dibuktikan dengan banyaknya mall yang bertebaran, saingan ama tukang gorengan yang juga ada di mana-mana. Hemm emang rasio manusia di Jakarta dibandingnkan dengan jumlah mall itu segimana ya? Okeh, jangan dipikirin, nanti malah ngga bisa tidur.

Selain beberapa masalah yang agak kurang mengenakkan di atas, ada juga yang nyenengin. Apa ya? Umm apa ya? Ummmm... Haha, sulit ya. Oke, aku suka sama sarana hiburan yang lumayan banyak. Walo kebanyakan itu mall dan mall lagi, tapi lumayan lah buat window shopping (cuman window shopping, hoho). lumayan buat ngelepas stress kalo abis pulang kerja. Ato, di Jakarta ada berbagai macam orang, mule dari cina, bule, india, jawa, betawi, sunda, batak, aceh, sampe papua, semua ada di Jakarta. Hum ngga heran kenapa krisdayanti bisa ketemu ama raul lemos (apasih??). ini buat sarana belajar untuk mengerti apa itu perbedaan.

Intinya, setiap kota punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sama kayak manusia, yang juga ngga ada yang sempurna. Ssooo semua hanya tergantung sama waktu, lama-kelamaan pasti akan nemu sisi baiknya jauh lebih banyak lagi.

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar