Sabtu, 23 April 2011

LABIL GILLLAAAA...

Hey anak muda, apa yang ada di pikiran kalian? Mungkin itu yang terbersit di otak kita waktu ngeliat ada tawuran ato jenis-jenis kenakalan remaja akibat masa labil mereka. Ngerasa jagoan, super power, dan ingin diakui, itu lebih tepatnya. Kayak ini ni, segerombolan anak SMA yang dulu beberapa kali nongkrong di depan rumah (*sekarang uda ngga, soalnya diusir berkali-kali), di denger-denger mesti ceritanya ngga jauh-jauh dari kata berantem. Misalnya ni:

A: eh kemaren si Z ngajakin aku berantem
B: Ha? masa? brani banget tu orang
A: he euh bener, lalu kita gelut, tapi aku menang dong
B: wuidii hebat lo bisa menang

Dan percakapan mereka selalu kayak gitu, hari ini gelut ama anak dari SMA X ato STM Y, taaapppii, sekali lagi, aku liat-liat dan denger-denger, mereka cerita gelut tiap hari, dan tiap hari juga aku liat, badan mereka mulus-mulus aja tuh, ngga ada bekas memar ato apa gitu yang menandakan habis gelut. Oww apa mereka pake jurus gelut yang lagi ngetren sekarang? Mau tau apa itu, jurus itu sangat terkenal dan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, dan ngga mengakibatkan rasa sakit apalagi luka dan memar. Penasaran? Jurus itu adalaaaahh...*jeng-jeng*..... Jurus mukul-mukul manja. So ngebayanginnya gini (*oke, ini pake bahasa gaul gila, so jangan kaget ya)

A: eh, dasar lo, uda ngambil cewe gue, lo tau g, ini daerah kekuasaan gue..
B: t*i, anj*ng lo... iiihhhh sebel (*mukul-mukul manja)

Hahahaha ngebayanginnya aja pasti yang ngelakuin ini mirip-mirip ama sule en andre. Well dari sini aku bisa liat, oohh si anak abege gaul gila ini cuman pengen dapet pengakuan kalo dia itu hebat, dan aku juga ngerasa aneh, koq temennya ga curiga ya? Ya iyalah, kan mereka sama aja, anak gaul gila gitu, hehe.

Kembali ke tawuran, yah anggap aja anak-anak itu sama kayak kasus di atas, mereka cuman pengen dapet pengakuan kalo mereka itu eksis, ada, dan berkuasa. Gitu juga dengan cemoohan yang biasa keluar dari mulut mereka. Padahal ya, semakin mereka ingin menunjukkan kehebatan dan kekuasaan mereka, semakin kelihatan kelemahan mereka. Di sini yang paling penting berperan itu orang tua. So, bagi para orang tua yang punya anak yang nakal ngga ketulungan, jangan terlalu marah ama anak kalian, karena hal tersebut bisa terjadi karena anda sangat tidak bisa mendidik anak. Inilah kenapa dosa anak, dosa orang tua juga, karena karakter anak, itu orang tua yang membentuknya. Aku sangat setuju dengan ini.

Oke, banyak orang yang kesel ama anak abege yang labil ini, tapi, ternyata batasan labil itu ngga cuman menyangkut umur, buktinya, masi banyak tuh mahasiswa bangkotan yang menyerukan aspirasinya dengan cara-cara yang ngga sopan. Katanya mau disebut mahasiswa, tapi kelakuan koq ngga mencerminkan seseorang yang berpendidikan ya?. Ato beberapa mantan ato yang masi jadi murid, yang mengejek guru-guru mereka. Aku ngga ngerti dengan jalan pikiran mereka. Setelah mendapatkan banyak ilmu dari para guru, eh koq ya tega mejelekkan guru? Ngga peduli bagaimana sifat, sikap, dan kepribadian guru tersebut, tapi bukan berarti ini menjadikan kita, murid-muridnya, menjadi berderajat lebih tinggi kan? Well meski dengan alesan ngga serius, tapi emang pantes? So untuk menjadi dewasa dan tidak lagi jadi abege labil, memang bukan waktu ato pendidikan yang berbicara, tapi pemikiran lah yang menunjukkan itu. So, berhentilah bertindak kongyol, karena kalian hanya akan menjadi bahan tertawaan orang dengan sikap sok kalian.

Sekian

0 komentar:

Posting Komentar