Minggu, 03 April 2011

PURWAKARTA (ABOUT LIVING PART 6)


Akhirnya, ngisi lagi tentang tempat tinggal. Sementara ini, ini yang terakhir. Purwakarta, apa yang terpikir? Kota kecil yang dilewatin kalo mo ke Bandung (pke bis ekonominya jurusan bekasi-bandung). Well emang, sejak adanya tol Cipularang, purwakarta uda ngga serame dulu, paling ngga, yang lewat itu cuman bis-bis ekonomi aja, itupun bis-bis jurusan tertentu aja. Tapi aku suka, soalnya jalanan jadi ngga rame ama bis, tau kan kelakuan bis itu gimana, suka sradak-sruduk (*i think you know what i mean ^^).

Purwakarta itu kota industri, kotanya dikelilingin ama banyak pabrik, banyak banget malah. Tapi kebanyakan yang ada itu manufakturnya, bukan kantornya, sssooo bisa dibayangkan, pemandangan pegawainya itu bukan orang-orang eksekutifnya, hoho. Yang mengganggu tu polusi udaranya, pokoknya kalo uda sore ato cuaca mendung, pasti baunya ngga enak banget, ya namanya juga limbah ya, mana ada yang enak.

Soal kehidupan sosialnya, mungkin karena pada sibuk ato gimana ya, jadi ngga terlalu kenal, uda gitu sering banget pergantian penduduk, jadi amat sangat wajar kalo kita ngga tau siapa pemilik rumah yang di depan, samping, ato belakang. Pernah waktu itu ada orang nanya rumahnya pak xxx (lebih tepatnya aku lupa), jiahh nanya ama aku, jelas ngga tau lah. Dan ternyata, itu adalah tetangga di belakang rumah, hohoho. Tambah lagi, berhubung aku pindah ke purwakarta itu pas lagi kuliah, sssooo aku ngga punya temen, lengkaplah sudah. Ya ada enaknya ada enggaknya. Enggaknya, kalo pas pengen maen, pasti ujung-ujungnya sama keluarga doang, tapi enaknya, ya jadi ngga terlalu rusuh ngurusin urusan orang. Tau kan, kalo orang yang terlalu bersosialisasi biasanya juga ikut pusing kalo ada sesuatu yang berbeda dengan lingkungannya. Aku ngga tau juga si, kehidupan sosial kayak gini di tempatku aja ato di seluruh purwakarta, soalnya kayaknya di daerah belakang rumahku masi pada akrab tuh ama tetangga, kayaknya cuman di tempatku ajadeh, hoho.

Hoiya, pernah tu, kayaknya kejadiannya baru-baru ini. Katanya di Purwakarta ada ular yang kepalanya mirip manusia. Pas kita liat beritanya, tanggapan pertama: "hah? di purwakarta? Beneran gitu?", setelah si pembawa berita ngomong lagi, kita: "wow di jalan famboyan, deket dong, mungkin di RT sebelah sana kali ya", dan si pembawa berita menerangkan lebih lengkap, kita: "ha?? di rumahnya pa yosep?? itu kan deket banget!!", untuk diketahui, rumah pa yosep itu cuman selang beberapa rumah dari rumahku, hoho. Dan waktu kita ngelongok ke jalan, bener aja banyak kendaraan yang parkir di depan rumahnya. Mamah cuman bilang: "oh, orang yang pada parkir itu ternyata pada liat ular ya? Kirain ada hajat apa gitu". Yah, beginilah kalo ngga tau, malah taunya dari tipi, dan mungkin yang pertama tau malah orang-orang dari jauh dulu, hoho.

Ini ni yang katanya bikin heboh, tapi, jujur, aku belum liat lo.

Makanan khas, hemm pasti kalo di suatu daerah pasti itu yang ditanyain. Kalo makanan khas purwakarta, ada sate maranggi, sebenernya aku ngga ngerti kenapa disebut makanan khas, soalnya itu beneran sama kayak sate biasanya, ditusuk-tusuk, lalu dibakar, ngga beda kan? Tapi, paling ngga, itu terkenal ya. Oiya ada lagi, soto sadang, dan lagi-lagi aku ngga bisa nemu bedanya ^^. Kalo cemilannya, yang terkenal itu simping. Kalian tau simping? Itu jenis cemilan yang rasanya kayak kulit wafer. Sebenernya aku ngga terlalu suka sih, soalnya rasanya menurutku aneh, dan yang bikin ilfil lagi, simping yang asli itu rasa kunir (eh kencur/jahe/laos ato apa ya? pokoknya sejenis yang tumbuh di dalem tanah itulah). Katanya si, kata para tetua, itu enak di badan. Yah kita biarkan saja para tetua itu makan simping ya.

Simping Purwakarta

Tempat wisata, hemm ada beberapa sih, tapi aku juga ngga terlalu tau. Yang terkenal itu jatiluhur, pasti tau kan, bendungan yang gede itu, dan banyak juga untuk dijadiin lahan usaha tambak ikan. Abis jatiluhur, ada situbuleud (*hadooh ini ni, bahasa sunda tu bikin lidah keseleo ampe muntir-muntir), itu juga sejenis kolam buatan (eh bendungan juga apa ya?) tapi ukurannya kecil, dan biasanya rame kalo minggu pagi, pada lari pagi disana. Ada juga wisata alam hutan wanayasa, nah yang ini aku belum pernah, soalnya takut ada macannya, dan konon, katanya, emang ngga ada macan, hoho. Apa lagi ya? Ada lagi si, tapi aku lupa namanya, pokoknya jalanan mau ke kiara pedes (*nama tempat/kecamatan, red), itu juga ada, bagus pemandangannya, ijoooo. Kalo wisata belanja? Hemm aku ngga yakin deh, kayaknya cuman ada pasar tradisional aja. Modern marketnya ya ada si, ada yogya, giant, sama STS (kalo ngga salah itu tu ramayana), tapi, ukurannya mini sekali, tapi lumayan buat beli kebutuhan bulanan lah. Jadi, jangan harap bakal bisa mejeng di mall dh, hoho. Eh katanya STS itu keitung mall si, tapi aku jarang kesana, malah kayaknya kesana tu pas baru dibuka aja.

So, apa ya kesimpulannya? Kota ini (purwakarta) bikin aku betah deh. Ngga masalah dengan kehidupan individualistiknya, tapi toh, kalo lagi pas butuh pertolongan, para tetangga ini mau-mau aja bantu. So ngga selamanya ngga bersosialisasi itu bikin putus hubungan ama tetangga.

Sekian

0 komentar:

Posting Komentar