Rabu, 23 Maret 2011

IJINKAN AKU MENJADI PELACUR


Oooppsss jangan salah sangka ya, ini bukan cerita aku yang uda hopeless nyari gawean. Ini tu judul buku. Sebenernya judulnya: "Tuhan, Ijinkan Aku Menjadi Pelacur", cuman terlalu vulgar dan ngga sopan dan ngga baik aja pake bawa Tuhan untuk sesuatu yang maaf, ngga baik.

Awalnya, aku denger tentang buku ini waktu SMA, dari temenku. Waktu itu tertarik, cuman kata temenku: "Ris, kalo imanmu ngga kuat-kuat amat, jangan baca buku ini deh". Ya sudah, aku ngga berani, dan lebih tepatnya pas waktu itu lagi bokek aja mo beli buku. Abis dari itu, aku lupa tuh, sampe ahirnya pas kuliah (uda agag akhir pokoknya), aku liat buku ini di gramed, di stok yang di diskon pula (kayaknya emang uda lama ya ^^). Dengan pertimbangan sekarang aku uda dewasa (huhuu...^^), ahirnya aku beli juga buku ini.

Ceritanya tentang seorang cewe muslimah (yaiyalah, uda muslimah, cewe pula :D) yang masuk ke suatu organisasi Islam garis keras. Wew, untuk detail gimana bentuk garis kerasnya, kalian baca aja sendiri ya, ato googling aja, banyak yang bikin ulasannya lengkap koq. Tapi, ditengah aktifitasnya, dia ngerasa dibohongin, ternyata temen2 seorganisasinya ngga seperti yang dibayangkan dia. Karena kecewa, dia akhirnya jadi liar, sampe dia jadi pelacur profesional demi skripsinya kelar (yang jadi germonya tu dosennya sendiri).

Novel ini kontroversial banget. Coba aja searching, pasti banyak yang menunjukkan rasa ngga sukanya sama novel ini, mule dari vulgar, kasar, kufur, pengikut karl marx, yah pokoknya banyak deh. Ngga heran kalo jadi kontroversi, karena banyak kalimat-kalimat yang kasar dan kadang menghujat ALLAH. Belum lagi kata orang-orang yang ngga suka, katanya novel ini bikin kita lebih jauh dari Allah, dan makin sulit buat ngelakuin perintah agama. Belum lagi, novel ini emang nyebutin beberapa instansi si, misalnya kampus matahari terbit (kalian tau? Kalo ngga tau, itu lebih baik, huhu), ini yang bikin instansi tersebut kalang kabut.

Untungnya, aku baca buku ini sebelum aku searching tentang ulasan buku ini, dan kataku, ngga seekstrim yang ditulis di blog-blog itu. Menurutku, yah ini cuman novel. Ada serunya, ada boringnya. Seru karena kayaknya nyata, boring karena alurnya agag kurang cepet (haduh istilahnya apa sih? alurnya lambat? ya pokoknya gitu lah). Tapi, serius, kalo dibaca ama ABG ato remaja-remaja tanggung, kayaknya ni novel emang aga bahaya, soalnya ini kan nyangkut agama.

Pelajaran yang aku dapet, ya kita harus pinter-pinter milih pergaulan. Jangan terlalu gampang tergiur sama yang kayaknya perfect, ato yang terlalu liar. Kadang kalo remaja labil itu malah senengnya yang ekstrim, mule dari ekstrim pengen bagus (idealis) sampe ekstrim yang pengen jelek. Ngga heran kalo organisasi-organisasi banyak berkembang di kalangan ABG dan remaja labil (misal: geng motor, aliran agama ekstrim). Ini pandanganku buat buku ini, kalo ada yang berpendapat lain, ya monggo aja. Ngga usah terlalu diribetin, ini cuma buku fiksi koq. ^^

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar