Selasa, 08 Maret 2011

SEMARANG (ABOUT LIVING PART 5)


Sebenernya tinggal di Semarang itu bukan dengan maksud menetap si, cuman dalam rangka ngekos aja bisa tingga di Semarang. Kebetulan aku juga kuliah di Semarang, so mau ngga mau aku tinggal di Semarang, tepatnya selama 4,5 tahun (lebih deh kayaknya). Awal dateng ke Semarang, aku ngerasa ngga grogi2 amat, soalnya aku uda nyiapin bahasa jawa ku (walo masi ngga ok si). Tapi ternyata, di Semarang ini lebih Indonesia daripada Magelang. Orang semarang ini kalo ketemu ama orang asing, mereka pake bahasa Indonesia. Huhuhu..padahal aku kan uda belajar keras bahasa Jawa :'( . Ini kenapa sekarang aku uda makin gagu aja pake bahasa jawa, soalnya, terus terang, aku lebih nyaman pake bahasa indonesia, so bahasa jawa ngga pernah aku gunain di Semarang, hoho. Lagian kalo pake bahasa jawa, aku rada lemot, kudu mikir dulu.

Pertama kali aku ngekos, ya di Semarang juga. Wuihh awalnya aku seneng banget, ya biasalah, lagi sombong-sombongnya umur segitu (18 taun), dikasi kepercayaan buat tinggal sendiri lagi. Kan asik tuh, belum lagi dikasi uangnya juga bulanan, huhu kayak orang gajian aja. Bangun tidur juga seenaknya, nyesuiain sama jadwal kuliah, makan semaunya, mau makan ok, ngga makan juga ok. Mau maen sepuasnya juga ok, ngga ada yang nelponin. Trus yang bikin seneng, kalo pulang ke rumah, disambut dengan ok pula, dibikinin makanan yang enak-enak, trus dikasi oleh-oleh. Pokoknya enak banget dah.

Eits, tapi itu cuman di awal. Makin lama, makin kerasa ngga enaknya. Mule dari ngga punya duit (penyakit anak kos), kurang kasih sayang (lebay deh), sampe yang paling parah tu BOSEN SAMA MAKANAN yang dijual. Untuk kasus yang terakhir ini, aku beneran sangat merasakannya. Sampe aku dulu mending ngga makan daripada makan makanan yang beli-beli itu. Sumpah, rasanya eneg banget, masuk warteg aja uda mual rasanya. Trus aku atasin dengan wisata kuliner sama temenku, tapi lama-lama bosen juga. Karena malesnya makan, akhirnya, bisa diduga, maag ku juga kambuh. Hemm ya aku ngga aneh si. Trus kapok, ngga lagi-lagi males makan. Tapi bosen lagi, kambuh lagi, kapok, bosen, kambuh, kapok. Yah itulah perjalanan perutku selama ngekos.

Soal kuliah, aku ini termasuk mahasiswa yang biasa aja, paling kuliah, trus ikutan kegiatan dikit, ngerjain tugas, dan pulang. Yah menurutku, itu wajar. Aku bukan tipe mahasiswa yang sangat aktif, yang senengnya menclok dari satu kegiatan ke kegiatan lain, tapi aku suka dengan kegiatanku, aku ngerasa ngga nganggur-nganggur amat koq, dan ngga sibuk banget. Yang penting, masi sempet nonton gosip deh, hoho.

Di Semarang, aku tinggal di Tembalang, di daerah sekitar kampus. Aku ngga bisa banyak komentar soal lingkungan sosial Semarang. Soalnya di sekitar kos ku, kebanyakan pedagang dan kos-kosan. Dan mayoritas penduduknya itu mahasiswa. Jadi, yang ada itu orang-orang dari berbagai daerah. Kayak daerah-daerah kos-kosan lainnya, kalo musim liburan, pasti sepi banget. Apalagi kalo lebaran, wuihh sepi banget. Walo aku ngga pernah ngerasain lebaran di kosan, tapi aku pernah h-2 masi di kos. Ini karena aku belum selese ngerjain tugas kampus. Wuih rasanya kayak di kuburan. Sepiii banget, uda gitu yang jualan uda ngga ada. Emang merana, tapi untungnya aku bisa masak mie, hoho. Kata temenku yang pernah ngerasain lebaran di kosan, katanya jalanan itu beneran lengang banget, trus yang namanya makanan, mahal banget, bisa sampe tiga kali lipat harganya.

Semarang juga punya tempat wisata, kayak kota lama, mesjid agung, lawang sewu, gedong songo, dan beberapa tempat lainnya. Yang peling terkenal mungkin lawang sewu ya, soalnya ampe dibikin film segala (walo filmnya ngga mutu gitu). Berhubung aku orangnya ngga terlalu suka sama wisata mistis (*baca: takut), so aku pernah ke lawang sewu, tapi siang, hoho. Ngga brani aku kalo malem-malem. Nanti kalo aku diculik ama wewe gombel gimana coba?
Lwang sewu
Gereja blenduk di kota lama

Trus kalo oleh-olehnya, pasti uda tau semua, kayak bandeng, kue moachi, wingko, lunpia, dan teman-temannya. Makanan khasnya itu tahu gimbal. Dulu aku ngotot minta dibikinin tahu gimbal, tapi apa daya mamah ngga ngerti gimana bikinnya. Oiya ada lagi, tahu bakso. Wuih enak tu, belinya jauh si, ngga kayak bandeng yang bisa dibeli di daerah pandanaran, tahu bakso ini harus berpetualang dulu ke ungaran baru dapet. Tapi rasanya dijamin ngga mengecewakan. Yang enak itu yang tahu bakso bu puji (koq jadi promosi ya?).
Anek oleh-oleh khas Semarang

Tahu bakso bu pudji, umm yummiiee


Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar