Sabtu, 05 Maret 2011

MAGELANG (ABOUT LIVING PART 4)



Magelang, itu kota ketiga dalam hidupku. Jiah bahasanya sok puitis ah, aku kan ngga puitis. Oke, mule dari mana ya? Hemm aku jelasin dulu, Magelang itu kota tempat asal Babeh. Di Magelang, bekumpullah sodara-sodaraku dari klan babeh, mule dari mbah Uti, alm. mbah kakung, pakde2, bude2, dan sepupu2. Pokoknya paket keluarga Babeh ada di Magelang.

Lambang Sekolah SMA kuu..Ngga penting ya? Ya biarin, ini kan blog ku, hoho..


Hemm pertama kali ke Magelang, itu hanya sekedar maen. Tapi waktu aku SMA, aku netep. Pengalaman di Magelang itu yang paling berkesan itu adalah kebegoanku dalam berbahasa jawa. Even i'm a javanese, but that time i was totally couldn't speak java. Aku sama sekali ngga nyangka kalo bahasa sehari-hari yang dipake, even sama orang yang baru dikenal, itu bahasa jawa. Aku mikirnya, kalo sama orang baru pertama ketemu, bakal ngomong bahasa indonesia. Nah waktu aku daftar SMA, tiba-tiba ada yang nanya :"mba, bade tanglet bla bla bla.." *dialog aku karang sebenernya, hoho :p*. Ya pokokya kira-kira dia tanya apa gitu. Mana orang itu ngga pake rem lagi ngomongnya, nyerocoooossss mulu. Alhasil aku cuman cengo aja ngeliatin orang itu. Untungnya ngga lama bude ku dateng. Ohhh bude you are my heroo, hoho. Begitu tau, jiahhh orang itu langsung ketawa en minta maap. Haduh kayaknya dia ngga liat ekspresi muka ku yang uda kayak orang bego ini.

"boten, ora, nggih....???"

Pengalama burukku sama bahasa jawa ternyata berlanjut sampe ke ospek waktu SMA. Waktu itu kita (anak-anak baru) disuruh bawa besek, karton yang ditulisin nama (name tag), tali rapia, dan KEMPONGAN. Aku mikir:

Besek = sejenis kantong kresek. Oh itu ok, pasti di rumah banyak kantong kresek.
Name tag = gampang, tinggal bikin
Tali rapia = tinggal minta bude, pasti ada
Kempongan = ?? sejenis binatang laut kah?? wow dimana aku bisa dapet binatang ini? setauku Magelang itu jauh dari laut. Masa aku harus nyuruh sodaraku yang di jogja buat nyariin binatang laut?? oh tidaaakkk, bakal rusak ni nama baikku sebagai sepupu yang baik.

So, daripada aku bingung, aku nanya aja, sapa tau mereka (senior) bisa ngasi tau belinya dimana. Dan dengan takut-takut aku nanya:

aku: "mba, kempongan itu apa? trus belinya dimana?"
senior: "ha??kamu ngga tau?"
aku: "iya mba. ngga tau"
senior: "kamu pernah bayi kan? kempongan itu dot bayi yang ngga pake botol itu loo.."
semua orang (kecuali aku): "bbhhhuuahahahahahah..."

Ya ampunn ternyata kempongan itu empeng, haduh itu to. Sumpah aku malu banget. Aku mikir, kenapa aku jadi kaum minoritas kayak gini? Huh untung aku ngga sampe bunuh diri makan permen sekarung deh :P.

Ada lagi, sejak kejadian itu, temen-temen banyak yang ngegodain dengan bahasa-bahasa jawa. misalnya sobatku hanif. Dia pernah bilang kalo beli cendol, jangan lupa minta 'cindil'nya. Aku percaya aja sih, soalnya aku kan baik hati, hoho. Beruntungnya aku, aku ngga sampe nanya ke abang cendol buat minta cindil. Karena hanif tu selalu ketawa tiap bilang cindil, so aku curiga dong. Trus aku nanya deh ama temenku yang laen, emang bener ya cindil itu bagian dari cendol. Dan, sekali lagi aku diketawain. Kalian tau? cindil itu tikus yang baru lahir, yang masi merah-merah gitu. Huaa aku ngerasa teraniaya, ya Allah, apa salah dan dosakuu...*berurai air mata* :p.

Nyontek? Ah kayaknya uda biasa ya..

Kalo soal nakal, kayaknya emang SMA itu jamannya nakal ya. Tapi sejauh ini, aku ngerasa aku ini ngga nakal koq, hoho. Waktu SMA, prestasi ku biasa aja, ngga terlalu ok, tapi juga ngga terlalu jelek, yah aku termasuk yang rata-rata aja. Kalo nyontek, ah itu mah biasa aja, namanya juga anak sekolah. Itu bukan hal yang besar untuk dipermasalahkan.

Waktu kelas 3, aku ngerasa suasana belajar yang baru sama temen sebangku ku, dida. Jiah kita berdua tu jarang banget merhatiin guru. Malah sukanya ngomentarin gurunya, dan komentarnya kebanyakan ngga penting. Misalnya: "eh, si ibu itu tuh kalo ngajar, mesti ngajarin papan tulis. Kayaknyakalo kita ke kantin, dia ngga bakal tau", gara-gara ibu itu kalo ngajar jarang banget ngeliat muridnya, so kita bilang, murid sebenarnya adalah papan tulis, huhu. Ato banyak lah yang lain. Kadang kita juga malah ngayal ngga jelas. Misalnya kalo guru X bakal jadi super hero, apa yang bakal dilakuin, terus kita berdua
jadi penjahatnya. Yah pokoknya sejenis itulah. Tapi, kerennya, kita ini mungkin murid yang terlalu pinter ya (ngarep)? Kita ngga pernah lo kena masalah. Soalnya, kita jarang ditanyain, hoho. Ya itulah kenakalan SMA ku, aku anggap itu ngga nakal koq, itu wajar kan? Pastinya itu wajar. Aku ngga pernah terlibat tawuran ato bolos. Dan aku anak yang 'lumayan' rajin liatin papan tulis.

Soal lingkungan, hemm di magelang, aku tinggalnya di daerah pedesaan gitu. Mayoritas penduduknya bertani dan segala sesuatu yang berhubungan sama pertanian. Daerahnya (tempat aku tinggal) ok banget. Di deket gunung merapi (istilahnya lereng ya? tapi aku rasa ngga lereng-lereng banget koq). Suasananya sejuk banget, dan cenderung dingin banget, hoho. Mandi pagi berasa mandi es. Tapi aku suka sama suasananya, ngga banyak polusi, ngga ada bau pabrik. Tapi yang aku ngga terlalu suka, banyak orang yang ngumpul buat ngobrol. Huhu,, berhubung aku ngga terlalu suka ngumpul-ngumpul gitu, so aku ngga terlalu nyaman kalo kelamaan ngumpul sama orang. Tapi selama aku ngga terganggu, so ngga papa lah.

Sebenernya ini bukan poto sawah di Magelang. Aku juga ngga tau ini sawah siapa, tapi di Magelang banyak ni sawah kayak gini..

Di magelang ini, aku banyak dapet pengalaman. Selain soal aku dikerjain sama bahasa jawa, aku juga jadi lebih banyak ngenal banyak karakter, terutama soal kebudayaan dan karakter jawa. Trus aku juga baru tau kalo bahasa jawa itu dibedain sama golongan/tingkatan. Kaya kromo inggil, bahasa kromo biasa, dan bahasa jawa biasa (*oh aku koq jadi lupa gini ya ama istilah-istilahnya). Aku juga dikasi KBJ (kawuruh basa jawa), sejenis kamus untuk bahasa jawa gitu, huhuhu thanks nif ^^.

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar