Sabtu, 19 Maret 2011

MARKETING

Pernah gag ngerasain lagi asik belanja, tiba-tiba ada sales yang nyerocos mulu, padahal kita uda sengaja belanja di swalayan biar bebas. Ato pas lagi enak-enaknya duduk di teras, eh taunya ada yang dateng sambil bawa-bawa barang dan nyerocos nawarin barang yang dia bawa. Ato tiba-tiba ada telepon yang kayaknya ngga bisa kita tutup. Wew, emang kejadan ini pasti semua pernah ngalamin.

Kita pasti mikirnya, orang-orang itu nyebelin dan mengganggu aja kan?

Pertama, kita sengaja pergi ke swalayan biar bisa bebas milih barang yang kita suka. Eh kalo ada salesnya, mereka pasti langsung ngedeketin sambil nyerocos tentang produk mereka, dan kadang sambil mendiskreditkan produk lain. Pernah tu saking keselnya diikutin ama sales, aku bikin mereka bengong.

Waktu itu aku lagi belanja buat alat-alat mandi. Waktu lagi asik milih-milih sampo, trus ada mbak sales dari sampo X yang ngedeketin.
"Mba, lagi cari sampo ya? Pake ini aja mba, ini bagus ada...*bla bla bla"
Pokonya mba-mba sales itu ngomong panjang lebar, aku uda ngehindar denga pegang-pegang sabun, dengan harapan si sales ini brenti karena aku ngga nyari sampo. Tapi ternyata mba sales ini ngga berhenti berjuang, aku kemana, mesti diikutin. Akhirnya dia ngomong dengan gaya sok taunya (*kayaknya dia emang tau, hoho)
"eh mba, rambut mba ini tipenya kayak gini, jadi cocoknya pake yang jenis ini. Dulu mba pake sampo apa? koq rambutnya tipis gini? Kalo gitu ditambah sama conditioner dari produk kita juga"
Karena kesel diikutin dari tadi, ahirnya aku cuman bilang: "mba, aku pake shampo dan conditioner yang mba pegang, dan sekarang rambutku tipis.." dan setelah aku ngomong itu, si mba sales itu ahirnya diem dan menjauh.

Oke, itu bukan perbuatan yang bagus buat ditiru, karena emang ngga sopan si, baik aku ato mba sales itu. Tapi, siapa yang ngga kesel kalo diikutin ama sales sepanjang belanja. Iya kalo ngikutinnya sambil diem, eh ini sambil ngomong mulu.

Kedua, mengganggu waktu istirahat, biasanya yang suka dateng dari rmah ke rumah ato lewat telepon/sms. Kalo yang dateng door to door, biasanya kita ngeles dengan kita uda punya barang yang dia tawarin. Kalo lewat sms, itu ngga ngganggu di, paling cuman menuhin inbox aja. Kalo telpon? itu juga gampang, tinggal tutup aja telponnya.

Dari kalimat-kalimat di atas, kayaknya sales itu gimana gitu, kayak suatu peran antagonis dalam hidup kita. Tapi, sadar ngga sih, tugas mereka itu berat banget? Tiap hari dikejar terget. Ngga jarang, mereka melibatkan orang sekitarnya buat beli produk yang dia jual. Kayak sales asuransi, biasanya mereka nyuruh ibunya, adeknya, kakanya, ato siapa aja beli asuransi yang dia jual, buat mengejar target yang diharapkan sama bosnya. Kebayang kan, betapa beratnya tugas mereka?

Yang paling berat, menurutku, sales yang door to door. Bayangin mereka jalan sebegitu jauhnya, tapi, begitu ketok rumah, ngga jarang ditolak, bahkan sebelum mereka memperkenalkan diri dan produknya. Cape, kesel, tapi, sales itu dituntut punya penampilan yang ok, hemm gimana caranya coba?Ya mungkin itu ujiannya.

Well, ternyata emang ngga ada pekerjaan yang gampang ya. Setiap pekerjaan pasti ada plus minusnya. Kayak sales ini, kita tentu sangat terbantu kalo kita ngerasa ngga ngerti dengan produk yang mereka jual. Kita bisa tanya banyak hal tentang produk yang mau kita beli plus dengan cara penggunaannya. Tapi, ngga setiap saat kita juga perlu orang untuk membantu. Ada saatnya kita ingin lebih sendiri dalam berbelanja atau kita butuh waktu yang lebih privacy. So kadang, kehadiran sales ini amat mengganggu. Penyelesiannya? Ya pastinya diharapkan para sales ini bisa datang di saat yang diinginkan, dan bisa mengerti customer, dimana saat customer ini memang memerlukan mereka atau tidak.

Well, kayaknya gampang ya buat suatu pernyataa, tapi sebenernya ini pasti susah buat dilakuin. Kan mood seseorang siapa yang tau ya.

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar