Kamis, 03 Februari 2011

LAPTOP LAPTOP, BE WARE!



Aku baru baca-baca artikel tentang laptop, dan aku nemu artikel dari vivanews, tentang bahaya memangku laptop, laptop mempengaruhi kesuburan, dan laptop bikin cepet tua. Ini perlu diperhatikan deh, buat para pengguna laptop.

Kasus pertama, tentang bahaya memangku laptop. Di artikel tersebut, katanya memangku laptop dapat mengakibatkan kerusakan kulit permanen. Dunia medis menyebutnya dengan toasted skin syndrome. Penyakit yang disebabkan paparan panas jangka panjang ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik di jaringan pigmen kulit terluar. Dalam kasus tertentu bahkan bisa memicu kanker kulit. Ngeri juga ya, aku sering banget ni mangku laptop, untungnya ngga terjadi apa-apa sama kulit ku. Soalnya, menurutku, posisi mangku laptop tu paling pewe, ngga perlu susah-susah cari meja dan lebih 'portable' aja, bisa dimana aja.



Kasus kedua, tentang mempengaruhi kesuburan, hemm ini khusus buat cowo aja. So lega lah para kaum cewe. Di artikel itu disebutkan Tak hanya memicu kerusakan kulit paha, kebiasaan memangku laptop juga memengaruhi tingkat kesuburan pada pria, karena skrotum mengalami kenaikan suhu, walau sejumlah pria telah menggunakan alas peredam panas laptop di pahanya. Penelitian terdahulu mengungkap bahwa pemanasan skrotum hingga melebihi batas normal berpotensi merusak sperma. Hemmm, aku juga ngga mudeng, tapi, intinya, memangku laptop tu lumayan berpengaruh deh.


Kasus ketiga, laptop bikin cepet tua. Kalo ini, berlaku juga untuk para pengguna PC biasa. Di artikel itu mengatakan Gejala penuaan dini akibat paparan komputer dikenal dengan istilah 'computer face'. Ciri-cirinya: dagu berlipat, kulit leher mengendur serta muncul kerutan di sekitar dahi dan mata. Kalo ini wajar lah ya, dan hampir semua orang tau, ngga cuman komputer, nonton tipi kebanyakan juga bikin wajah ngga ok. So saran yang diberikan adalah ngga lain dan ngga bukan cuman istirahat danlatihan untuk merenggangkan otot-otot wajah.


Semoga dengan artikel ini ngasi sedikit pengetahuan buat kalian-kalian yang hobi pake laptop ato personal computer (untuk kasus pertama dan kedua, pengguna PC ngga usah khawatir, soalnya, aku rasa ngga ada orang yang mangku PC, hoho).

Sekian

0 komentar:

Posting Komentar