Kamis, 03 Februari 2011

SALAH KAPRAH


Berhubung aku tadi baru liat tayangan di tipi, heumm aku jadi bersemangat ngangkat wacana ini. Penasaran, penasaran? Mudah-mudahan kalian penasaran yap. Aku yakin, pasti kalian juga sering banget liat pemandangan ini, terutama kalian yang tinggal di lingkungan pedesaan. Aku juga baru ngeliat hal-hal kayak gini waktu tinggal di Magelang, yang notabene juga pedesaan (sebenernya purwakarta bukan kota juga, cuman di purwakarta aku ngga kenal tetangga si, so ngga tau kebiasaan orang-orang purwakarta), oh iya, waktu di Muara Teweh juga kadang liat, tapi jarang dan dulu ngga pernah merhatiin si.

Penasaran, apa sih yang aku omongin ini, dari tadi cuman kejadian ini aja. Oke, yang aku maksud adalah banyak orang yang salah kaprah soal 'ibadah'. Ya, aku juga bukan orang yang ahli banget dalam ibadah, tapi, beberapa kegiatan yang dilakukan tu kadang emang ngga masuk akal, bahkan uda mengarah ke syirik. Misalnya, makan sunan ato wali pasti banyak diziarahi ama kaum muslimin. Oke, kalo ziarah itu untuk mendoakan sunan/wali tersebut, tapi, ini malah mereka yang minta sesuatu, misalnya minta supaya mereka diberi rejeki, minta supaya dagangannya laku, minta supaya terpilih jadi kepala desa, dll. Dan yang lebih mirisnya yang banyak ngelakuin itu ibu-ibu pengajian, ya walo ngga semua sih. Kenapa mereka yang banyak melakukan hal kayak gini? Hemm menurut ku, karena kaum cewe tu biasanya ngga mau ribet, lebih suka yang instan-instan aja, so kalo ada yang bilang cukup dengan berdoa di makan bisa terkabul, so bakal langsung dijalanin, ini menurut pengamatan terhadap aku sendiri, soalnya aku juga cewe, hohoho, tapi, serius, aku ngga pernah ziarah, kecuali ke makam babeh ama kakek nenekku (mgl ato pwk). Uda gitu tradisi itu yang susah didobrak, ya kan tradisinya kalo maulid nabi pada nyekar ke makam, ato beberapa hari besar Islam lainnya.

Hemm kayak di desa tempat aku KKN dulu, katanya kalo pas Maulid Nabi, uhh antrian kendaraan tu ampe ke kota temanggungnya, padahal desa tempat aku KKN itu jauh lo dari kota temanggungnya. Di desa KKN ku, emang ada makam dari kyai (aku juga lupa namanya), yang konon katanya, hampir semua pejabat, baik pejabat daerah, provinsi, ampe pejabat pusat kalo pas lagi ada 'maunya' pada ke makam itu, bahkan sampe semedi segala. Wah kalo ini bukan salah kaprah lagi, tapi emang syirik beneran. Trus kalo malem jumat juga rame, pada 'nginep' juga, tapi ngga sebanyak waktu hari besar.

Aku paling eneg kalo liat pemandangan para kyai yang sangat dipuja-puja. Kayak kalo abis pengajian, orang-orang pada berbondong-bondong salaman ama kyai/kyai cewe (umm aku lupa namanya). Katanya biar dapet berkah. Trus waktu aku liat di pilem tentang pesantren dimana santri-santrinya pada berebut buat benerin posisi sandal sang kyai, ya aku ngga tau kehidupan di pesantren si, aku cuman liat di pilem doang. Huehh emang harus segitunya ya? Emang si derajat kita di mata Allah dibedakan berdasar tingkat keimanan, tapi, bukannya yang tau tingkat keimanan kita itu hanya Allah? Kenapa kita harus menundukkan kepala sebegitu dalemnya? Kenapa? Serius aku ngga tau, kalo ada yang tau, harap informasikan ke aku ya. Kalo menurut aku, ya menghormati itu emang perlu, tapi sewajarnya aja lah, kalo mau salaman, ya salaman aja, ngga usah pake nunduk-nunduk ato cium tangan yang berlebihan, ya cium tangan itu karena kita emang lebih muda, sebagai rasa hormat aja gitu, bukan karena alesan apa-apa, kayak kita cium tangan orang tua aja.

Kadang, menelan mentah-mentah apa yang dikatakan seorang kyai itu juga ngga bagus. Kayak yang aku liat di tipi tadi pagi, di sana sang kyai bilang "jika kamu ingin mendapatkan rejeki, tunggulah sampai buah/daun pohon ini (aku lupa nama pohonnya) jatuh". Ternyata, maksud sang kyai itu supaya sabar kalo mencari rejeki, eh taunya malah salah arti, para masyarakat malah beneran nungguin buah/daun pohon itu, trus berebut ngambil, dan sayangnya ini uda jadi tradisi, so susah buat dihalangin lagi.

Ada juga yang unik. Dulu, waktu jaman-jamannya kampanye parpol. Salah satu parpol berbasiskan Islam masuk ke desa di tempat aku tinggal di magelang. Dan biasalah, mereka ngobrol-ngobrol 'manis', dan ngajak ibu-ibu pengajian buat kampanye. Karena kata-kata 'manisnya', akhirnya ibu-ibu pengajian pun terbujuk. Ya bayangin aja, ibu-ibu suruh naek mobil bak terbuka, sambil pake baju dengan lambang parpol tersebut, trus ya pastinya mungkin berorasi. Oh tidaakk untungnya Budhe-Budhe ku tipe orang yang ngga mau ikut-ikutan. Setelah pulang, wuih ibu-ibu dengan excitednya cerita-cerita, dan ada salah satu komentar yang bikin aku geli: "ya ini kan ngibadah (ibadah)". Oh no, ladies, this is just the fuckin' words to make you believe them. Yups, ini cuman iming-iming sejumlah orang yang 'berkepentingan' aja. Ya emang, parpolnya bersih, punya tujuan yang bagus, tapi, gimana dengan orang-orangnya? Heumm aku ngga berani tanggung, soalnya yang terjadi selama ini kan.........

Oke, apapun yang terjadi lakukan segala hal demi Allah, dan mintalah segala sesuatu hanya pada Allah, karena bukan bos kita yang ngasi rejeki, tapi hanya Allah. Aku bukan orang yang suci en ngga pernah salah, sekali lagi, semuanya yang aku ceritain ini berdasar sama pendapatku, kalo ada yang mau meluruskan, saya akan sangat berterimakasih. ^^

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar