Kamis, 10 Februari 2011

TIPU TIPU


Kalian tau fenomena yang masih hangat? Hemm sebenernya ini uda lama sih, cuman aku baru tau aja, hoho. Jadi, lagi-lagi terjadi di sekitar purwakarta, tapi tempatnya jauh dari rumahku, yaitu di daerah-daerah pedesaan di purwakarta (sekali lagi, aku bilang purwakarta itu bukan kota banget, tapi juga ngga bisa disebut pedesaan, hoho). Di sana (pedesaan) marak sama kredit motor. Tau kan, kredit motor sekarang tu gampang banget, ngga perlu pake depe lagi (bukan dewi persik). Banyak yang kredit motor dengan niat ngga bayar kreditnya. Gini ni alesannya:

"Kalo kredit motor, kan ngga bayar DP, so langsung bayar cicilan bulan pertama. Nah kan jangka waktu penarikan motor itu 3 bulan oleh pihak asuransi. So, selama 3 bulan itu mereka ngga bayar cicilan, alias nunggak. Selama 3 bulan itu juga, motor itu dimaksimalkan penggunaanya, misalnya untuk ngojek. Dan katanya dengan ngojek selama 3 bulan, cicilan bulan pertama uda balik. Jadi, begitu uda 3 bulan, tu motor kan ditarik ama pihak asuransi, dan dengan keadaan motor yang uda bobrok (yaiyalah, kan uda dipake ngojek). So, gimana menurut kalian?"

Menurut aku, tu orang licik banget, mikir cuman diri sendiri. Gimana ngga? Pihak asuransi sangat dirugikan disini, karena kredit macet. Padahal, yang kerja di asuransi ngga semuanya orang kaya. Mereka ngira, pihak asuransi pasti untung. Oke, aku ngga ngerti gimana perhitungannya, tapi kalo diliat secara kasat mata, emang bakal untung? Adanya pasti rugi. Ini sama aja namanya korupsi, huh ternyata pendidikan korupsi itu sangat berhasil ya, sampe-sampe tingkat pedesaan aja ngikutin, dan dengan tanpa rasa salah. Kenapa sih kalo pengen usaha, paling ngga, win-win solution lah. Banyak pihak yang disenangkan, sedang kita juga mendapatkan keuntungan. Apa ini juga karena begitu mudahnya mendapatkan kredit motor? Hemm ngga berani nyalahin, cos pada awalnya mungkin dengan tujuan meningkatkan daya beli masyarakat sehingga meningkatkan penjualan. Yups ini kan uda rumus, mereka itu (daya beli dan penjualan) emang berbanding lurus. Tapi kalo disalah gunain kayak gini, apa jadi meningkatkan keuntungan?

Hohohoo, jangan ngira aku ini pegawai asuransi ya. Aku bukan pegawai asuransi koq, aku cuman menulis berdasar yang aku dengar dan lihat aja. Di sini aku melihat dari sisi pihak asuransi, karena memang yang terlihat dirugikan adalah pihak asuransi, sedang dari pihak masyarakat yang mengkredit motor, aku cuma liat keuntungannya aja. So, aku juga bukan orang asuransi yang tau tentang perhitungan gimana keuntungan dari produk yang mereka jual serta perhitungan resikonya. Aku cuman inget, kalo setiap produk punya umur (product age ato apa ya istilahnya), dan motor ini termasuk produk dengan umur yang relatif pendek, so harga jual kembalinya pasti cepet turun pula.

Sekian

0 komentar:

Posting Komentar