Kamis, 20 Januari 2011

ANAK KECIL JAMAN SEKARANG


Anak kecil, pasti identik ama mainan, lucu, dsb. Hemm semua juga pasti tau, anak kecil jaman sekarang tu lebih pinter daripada jaman aku dulu. Kenapa? Karena mereka sekolah aja ada satu tahap lebih banyak dari kita, yaitu playgroup. Hemm apa dulu di tempatku aja ya yang ngga ada playgroupnya? Prasaan dulu aku langsung TK deh. Lah sekarang, anak umur 2 ato 3 taun uda sekolah, ckckck,, anak jaman sekarang. Kalo aku tanya ama sodaraku yang punya anak kecil, katanya kasian anaknya kalo di rumah gag ada temen, cuman ama mba nya aja, so disekolahinlah di playgroup. Ya itu bener, anak jaman sekarang sosialisasinya emang lebih banyak di sekolah daripada di lingkungan sekitar rumahnya.


Ada lagi yang lebih menonjol, anak kecil jaman sekarang tu banyak dikasi les ato pelajaran tambahan. Misalnya ni, disekolahin di sekolah (bahkan playgroupnya) yang uda ngajarin komputer ato bahasa inggris, bahkan ada yang dua bahasa (selain bahasa indonesia). Wow, bayangin, sekarang para unyil itu berhitungnya uda ngga satu dua tiga lagi, tapi uda one two three. Hezz jaman itu, kita baru bisa ngitung satu dua tiga aja uda ditepokin pinter. Hohoho kalo dibandingin, bisa-bisa aku cuman melongo aja liata anak jaman sekarang.


Oke, udah deh banding-bandinginnya. Aku mau bahas masalah kelebihan beban yang diderita anak-anak karena kebanyakan kegiatan yang mereka lakukan. Ini berdasar yang aku liat aja. Banyak anak-anak jaman sekarang yang waktu mainnya uda tinggal dikit. Misalnya ni, anak yang paginya disuruh sekolah, siang sampe sore les, malemnya baru ada waktu kumpul sama keluarga. Tapi, kepikir ngga, kan anak-anak tu perlu juga waktu bermain khusus, bukan di sekolah, ato di tempat les. Paling ngga mereka punya waktu pribadi, waktu khusus untuk mereka gunakan untuk apa aja yang mereka mau. Kalo digencer terus, nanti kalo anaknya stress gimana? Kan yang repot orang tuanya sendiri. Ya kecuali pertimbangan les itu atas kemauan anaknya sendiri ato atas kesepakatan antara anak dan orang tua. Jangan jadikan kebaikan anak sebagai alasan karena orang tua ngga punya waktu untuk ngurus anak sendiri ato demi anaknya bisa 'dipajang' di depan temen-temen orang tuanya. Yang terbaik, dengarkan.

Trus, aku paling ngga ngerti soal kelas accelerasi (apa ya tulisannya?). Kenapa? Karena, menurutku, kelas ini hanya ambisi orang tua ato guru/sekolah aja. Semampu/sepinter apapun anak, masih lebih baik kalo mereka berkembang sebagaimana mestinya, dengan lingkungan yang semestinya, dengan teman yang semestinya, dan dengan beban pikiran (pelajaran) yang semestinya. Pernah denger soal anak yang masi umur skitar 15 tahun tapi uda kuliah? Hemm tau akhir dari kisah itu? Si anak itu akhirnya stress en gag mau sekolah lagi. Dia ngerasa jenuh. Kalo uda gini, yang nyesel kan orang tuanya.


By the way, aku emang belum pernah jadi orang tua, dan aku emang sok tau sih, aku cuman berusaha merasakan jadi anak aja, dan aku berdoa, semoga nanti aku bisa jadi orang tua yang bisa memperhatikan dan mengerti anak. Amin. ^^

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar