Sabtu, 15 Januari 2011

WISE SISTER (FAMILY PART 2)


Ini tentang kakak perempuan ku, namanya kiki. Dibandingin kita-kita, dia paling bersifat ke-kakak-an, yaiyalah ya, dia punya dua adek. Kenapa dia disebut wise? Ya itu karena dia bijaksana, hohho itu cuman terjemahannya ya? Sebenernya, dia itu yang paling sabar en paling baik, trus paling bisa bergaul sama orang, mule dari anak kecil yang masi kiyik-kiyik, sampe kakek-nenek, gag heran kalo dia paling banyak punya temen, dia juga ngga pernah pilih-pilih temen, contohnya, dulu dia pernah temenan/sobatan ama anak pemulung, katanya anak itu, namanya mariana, tu baik banget, so dia seneng aja temenan ama mariana. Sampe dia sering maen ke rumahnya, makan di sana. Hoho mamah dulu sampe ngga enak ama orang tuanya mariana, cos nyusahin gitu si kiki ini mpe makan segala. Tapi orang tuanya mariana seneng koq (itu katanya, hoho).

Sifat kiki yang super gaul (konotasinya ngga kayak anak gaul jakarta ato semarang ya), maksudku bisa bergaul ama siapa aja ini nurun dari babeh. Soalnya babeh juga bisa bergaul dengan banyak kalangan, ya mungkin tuntutan kerjaan juga kali ya, soalnya dia kan harus mimpin warga-warga trans yang notabene dari berbagai daerah dan berbagai kebudayaan. Soal pergaulan babeh ini, aku salut banget dah, sampe waktu beliau meninggal aja, banyak yang menyayangi beliau, hhhh jadi melow deh aku. Kembali ke kiki (gaya ngomongnya kayak tukul), pernah tu kejadian waktu dia lagi nunggu pesawat di bandara (karena pesawatnya delay), trus ada rombongan orang yang mau haji ato umroh gitu yang kebingungan cos travelnya bermasalah ato gimana, pokoknya mereka bingung soal administrasi di bandara. Kalo kita, paling cuek ato ya bantu paling ngga banyak, eh dia (kiki) dengan pedenya datengin rombongan itu en dengan sukarela ngurusin sampe urusan administrasinya selese. Sampe kalo ada kekurangan apa, si petugas bandaranya malah manggil kiki. Heuhh untung aku gag bareng ama dia waktu itu. Orang juga ngga tau gimana, pokoknya kalo ada apa, ngga tau baru kenal ato gimana, koq malah curhat ama dia. Kayak waktu kemaren (kejadiannya baru bulan desember kemaren). Waktu itu dia mau balik ke palangkaraya, nah pas di bandara, ada bapak-bapak yang keliatan pucet, setelah ditanya-tanya, ternyata jadwal penerbangan bapak itu sama kayak kiki. Trus ngobrol-ngobrol, ternyata bapak itu katanya baru pertama naek pesawat, so agag gugup lah dia. Ahirnya dia minta supaya kiki duduk di sebelah dia. Dan waktu itu pesawat yang ditumpangin itu aga bermasalah, ada bunyi pletak-pletak gitu, kayak mau meledak. Wuaaa semua orang pada panik, apalagi si bapak itu, uda pucet banget. Si kiki ini walo takut, dia malah nenangin bapak itu, trus malah pake acara bagi-bagi permen ama anak-anak yang uda pada nangis, soalnya tekanan udaranya uda tinggi/rendah ya?, en bikin telinga sakit. Waktu landing, si bapak itu langsung bilang makasih banget. Huhu kalo aku, bisa gag ya kayak gitu?

Anak kecil, wow dia suka banget. Dulu dia punya cita-cita jadi guru TK. Saat kita bercita-cita jadi dokter, pengacara, polisi, ya pokoknya cita-cita yang keren, eh dia malah pengen jadi guru TK. Saking sukanya, pernah waktu itu kita punya rejeki lebih, en kita transfer ke dia (dia di palangkaraya), ya walo ngga gede, tapi cukuplah buat nambahin uang jajannya dia. Eh beberapa hari kemudian dia telpon dengan riangnya:

"halo, mah, makasih ya kirimannya kemaren. Kemaren kiki beliin beras, sembako, ama susu balita gitu"

"Hah? susu balita? Emang kamu minumnya susu balita?"

"ngga, itu ada anak temen yang lagi susah, bla bla bla.."

"jadi, uangnya uda abis ki?"

"iyalah, kan harga-harga sekarang uda naek" (dengan nada inosen)

Yaelah maksud kita, ya beli apa kek yang buat dia sendiri, beli baju, ato maen ato apalah yang buat dia sendiri. tapi? Hemm yaudahlah, kan itu uda kemauan dia. Kalo aku mikirnya, kiki ni kayak di sinetron aja, hoho.

Kiki en Sepupu ku, baru pertama ketemu uda langsung nyambung

Dibalik sifat dia yang baek banget, tapi dia tu centil en pede banget. Makanya, kita suka bilang dia itu kayak surti. Hemm bagi yang pernah nonton sinetron putri yang ditukar, pasti tau. Waktu kecil, dia tu kayak bola bekel, loncat sana, loncat sini, maen kesana, maen kesini, sambil kalo dateng tu bilang "mama, ni cici uda pulang", ato selalu bilang "cici cantik", yang kalo sekarang dia bilang "kiki cantik".

Maen mancing ikan

Dia waktu kecil juga nakal lo. Ni cerita dari mamah. Waktu aku masi kecil, masi bayi gitu, dia kan uda bisa jalan, tapi badannya masi mungil. Waktu itu mamah lagi masak, so aku ditidurin di ruang tengah, tapi tidurnya ngga di dipan, cuman kasur bayi yang ditaro di lante gitu. Eh, dia (kiki) mau naek ke dipan di kamar. Karena dipannya tinggi, so dia nyari sesuatu buat dijadiin ancik-ancik. Setelah nyari-nyari, ahirnya di nemu yang menurut dia pas. Dan beberapa menit kemudian "oeeeeeee..." yaelah, ternyata yang dijadiin ancik-ancik tu akuuuu, aku adeknya sendiri, huhuhuhuuu. Mamah langsung lari.

"kiki, kenapa dede nya?"

"ngga tau maa,,cici kan mau naek.."

Setelah liat posisi aku di bawah dipan, en kiki uda di dipan, baru deh nyadar. Ternyata,, aku bisa berprofesi jadi ancik-ancik, huhhuhu.

Trus ada lagi, dia itu sukaaa banget ama ABC kacang ijo. Kalo disuruh ke warung, padahal cuman beli garem doang, pasti upahnya ABC kacang ijo. Kalo ngga dikasi, dia ngga bakal mau pulang. So, ngga aneh kalo dulu mamah suka punya utang ke warung, soalnya duitnya suka kurang. Jadi ahirnya mamah kewarung juga deh buat bayar kurangnya, percuma kan?
Kiki denga ABC kacang ijo favoritnya

Dia punya kata yang hanya dia yang tau artinya. Kata itu adalah 'ceklik'. Ngga tau apa arti kata itu, tapi kayaknya sejenis nakal gitu. Dia sering ngomong "Om Din ceklik", "mamah ceklik", "bapak ceklik", "dede cklik", "ey ey, dasar ceklik". Lah kalo kita ato yang laen dibilangin kayak gitu, ya ngga papa lah, kan gag tau artinya. Tapi, giliran dia yang dibilang "ih kiki ceklik", huaa nangisnya kayak orang sakit hati banget. Dulu, pernah ada pengadaan sapi untuk warga trans. Namanya sapi baru turun dari kapal laut, en truk, pasti pada stres kan? dan pastinya membabi-buta. Semua orang pada ngunci rumah, eh tanpa sepengetahuan, kiki malah lari keluar, hiaa histerislah semua orang. Para pawang sapi juga ngga tau harus gimana. Setelah sapi-sapi uda tenang en dibawa pergi, si kiki keluar dari kolong rumah (rumahnya rumah panggung), sambil bilang "iiiihhh, sapinya ceklik". Ya ampun, mamah yang uda kalap langsung meluk tu anak.

Kiki en babeh, di kolong rumah ini dia sembunyi dari sapi

Dia juga paling protek ama ade-adenya, kalo ada yang nakalin ade nya, dia bakal marahin orang yang nakalin, ato bahkan dia malah ikutan nangis, hoho. Dia tu uda kayak orang tua aja, kalo aku ato agil algi kemah, ato kemana, suka nitipin ke temennya. Kayak gini ni: "eh, nitip ya, jagain adekku, dia mau kemah di deket rumah mu" ya kayak gitu lah, dia tu selalu khawatir sama aku en agil. So, ngga heran, kalo kita ngga khawatir ama dia, hoho, bcanda. Maksudnya, ngga heran kan kalo kita sayang ama dia.

Sekian

0 komentar:

Posting Komentar