Sabtu, 15 Januari 2011

SUPORTER


Kalo ngomong soal suporter, pasti mikirnya langsung ke suporter sepak bola ya. Emang aku mau ngomongin mereka koq. Kalo di tempat ku, banyaknya suporter persib, kalo ngga salah persib itu bandung ya? Ya pokoknya persib lah yang mereka dukung, trus nama suporternya itu viking, yups kayaknya kalo denger kata viking pasti mikirnya laki-laki dengan ranbut dikepang dua trus pake topi yang ada tanduknya. Hoho. Eh ngaco, pokoknya viking itu nama suporter, kayak jak mania gitu.

Kadang, kelakuan suporter tu suka ngga bisa diterima dengan akal sehat. Misalnya ni, nyoret-nyoret dinding orang dengan tulisan viking, ato apalah. Itu kan sama sekali ngga membela ya? Lha wong si persib aja ngga liat en ngga ngerasa terdukung koq kalo ada tulisan itu. Kecuali kalo tulisan itu dikasi semacam voodoo, hemm mungkin itu ampuh. Misalnya sambil nyoret-nyoret, trus sambil baca mantra "wus wus wus, sim sim sim, tuk tuk tuk, was wes wos, krutuk krutuk krutuk, semoga persib menang, hup hup hup, sam sim sum, dam dim dum, dudidam dam dudidudidam, simsalabim, twalaaa" hem mungkin manjur tuh (silahkan dicoba, kalo ngga berhasil, berarti anda belum beruntung). Ni contoh coret coret yang mereka bikin di sekitar rumah ku.

Tulisan yang katanya membela viking

Trus ada lagi coretan yang lucu, bunyinya tu 'ngahina persib gelut jeung aink' yang artinya 'menghina persib, berantem sama aku', sambil si pelaku ini (aink=aing=aku) ngga ada di tempat. Lah berarti kalo aku menghina si persib itu, aku bakal berantem ama sapa coba? Si 'aing'nya aja ngga ada. Hemm ada-ada aja deh. Lebih jelas, aku juga punya potonya, please enjoy it, cos ini emang pantes buat jadi bahan ketawaan. (Gemes aku ama yang nulis, tembok uda bagus-bagus dicat, eh dikotorin gitu).

Mana si 'aink'?

Terus ada lagi tuh kelakuan yang aneh, misalnya pawai-pawai ngga jelas en tawuran. Lah kalo tawuran kan emang uda hobi tuh, ngapain mengatasnamakan si klub bola itu. Kalo emang hobi tawuran, yaudah tawuran aja, ketemu, tonjok orang, ngga usah pake alesan yang aneh-aneh, selese, dosa tanggung sendiri. Kan kalo mengatasnamakan si klub bola itu, dosanya dibagi dong ama klub sepakbolanya. Bayangin, yang tawuran ada berapa orang, trus berapa kali, tinggal dikali aja tuh, pasti kalo diakumulasi, dosa orang-orang klub itu pasti banyak deh. Kalo mau bikin dosa, ya ngga usah bagi-bagi koq, ikhlas beneran dipake sendiri, serius deh. Ya walo dosa dan pahala itu Allah yang tau, tapi kan kasian juga orang-orang klub itu, jadi beban mental gitu. Setuju ngga? Oke, aku anggap setuju aja deh ;)

Tawuran, hobi/membela?

Mereka yang fanatik banget kadang suka ngga inget waktu lo. Waktu kecil, kita sering kan diingetin, kalo ada adzan, ya hormatin, jangan ribut, bahkan lebih baik kita nyimak. Tapi, kadang mereka ini kalo uda pawai, buseeettt ngalahin 10 masjid adzan bareng-bareng (ya iyalah, masjidnya jauh-jauhan, hoho). Tapi mungkin emang ngga lucu ya bagi mereka lagi tengah pawai mampir solat dulu.

Tapi, katanya solidaritas mereka tinggi lo, misalnya ada pertandingan di mana, ngga punya ongkos, trus kalo ada suporter lain yang ngeliat, pasti dikasi tumpangan ato ongkos. Ya menurutku it's OK, berbagi emang bagus koq. Salut aja ama mereka. Kalo soal ini, bagus koq, serius bagus.

Mungkin karena aku bukan suporter ato orang yang ngerti tentang pensuporteran, aku ngga banyak ngerti ya. Aku cuman berpendapat berdasarkan yang aku liat aja. Jangan-jangan ada fans suporter (lah koq?) maksudku, anggota suporter klub sepakbola marah, trus ngacak-ngacak rumah ku (kayak pilem-pilem mafia). Huhuhu jangan dong, selama ada yang bisa menjelaskan latar belakang kelakuan kalian ini dan bisa diterima dengan akal sehat, aku bersedia minta maaf en ngedit posting ku ini. ^^

Sekian

1 komentar:

Benny Novario mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar