Rabu, 12 Januari 2011

LET'S START 'SIMPLE' HEALTHY LIFE

Hidup sehat ngga melulu bentar-bentar check up ke dokter ato makan/minum yang bergizi. Yang paling penting itu bersih. Selain sehat, juga meningkatkan kepedean kita lo. Langkah awal yang sangat simpel banget itu, buang sampah. Biasakan buang sampah di tempatnya, dan misahin sampah kering en basah. Kalo sampah basah, usahakan jangan sampe numpuk, karena selain baunya yang 'aduhai', juga lalat dimana-mana. Bayangin, lalat abis nemplok di peceren, got, e*, trus nemplok di sampah, abis itu nemplok di dinding/lante trus kita pegang dinting/lante itu, hiiii jijay banget deh. Tapi, sampah kering juga harus sering dibuang, jangan dibiarin numpuk. Kalo kemana-mana, jangan suka buang sampah sembarangan, kenapa? Kasian sama petugas kebersihannya. Wow, sok baik ya aku? Tapi serius, kasian lo, mulailah menghargai orang-orang seperti mereka, dan kamu akan dihargai juga. Tugas mereka itu uda banyak, gag usah ditambahin lagi sama sampah-sampah kita, kalo bisa kita kerjain sendiri, ngapain dikerjain ama orang.

Kebiasaan yang sering banget dilakuin en bikin jijik yang ngeliat, yaitu ngeludah. Wew, ngeludah bagi sebagian orang uda jadi kebiasaan, kalo ngga ngeludah, tenggorokannya kering kali ya. Tapi, jangan sampe ngeludah sembarangan. Wuih aku sering banget ni liat orang ngeludah di tempat sampah ato di tanah, hiyyaaaa ngeliatnya aja mau muntah. Lebih baik ngeludah tu di kamar mandi ato wastafel, trus langsung disiram!! Di dalam ludah ada banyak kuman, apalagi yang ngeludah itu lagi sakit, yaudah, kena deh semua orang yang ada di sekitarnya.



Bersin. Hua, kalo bersin emang suka gag ketahan. Tapi kalo tau uda mau pilek, mending bawa-bawa tisu ato saputangan, kalo perlu satu kotak, biar pas mau bersin, langsung ambil. Menurut dokter-dokter juga kalo bersin ditutup, jangan sampe virus dari badan kita piknik ke badan orang, kan kasian.


Kepercayaan kalo air ludah bisa nyembuhin luka ringan. Ini emang uda dibuktiin sama penelitian kalo air ludah itu mengandung zat yang bisa mempercepat penyembuhan luka. Wow ini namanya penyembuhan dari diri sendiri. Tapi, menurutku, sekarang kan uda banyak antisptik en obat penyembuh luka, so, mending pake obat itu aja, kalo kepepet baru dah pake ludah. bayangin aja, ludah kita/ludah orang nempel di kulit kita, yekkk.

Bakar sampah. Nah ini biasanya dilakuin sama yang di rumahnya jauh dari tempat pembuangan sampah. Tapi, hasil bakaran dari sampah ini bikin udara di sekitar kita sangat tidak sehat. Solusinya? Hemm mending dikubur ato yaa,, cari tempat sampah terdekat deh, biar itu jadi urusan dinas kebersihan, hoohoo. Tapi, paling ngga, dinas kebersihan itu punya program dan kita ngga tau apa program itu, tapi yang jelas, mereka tau mau diapain sampah-sampah yang kita buang itu.


Oke, cuman segini yang aku sampein, tapi, kalo mulai dari ini aja kita uda bisa, untuk hidup lebih sehat dan lebih bersih lagi pasti bisa dilakuin. Smangat bersih teman-teman. ^^

Sekian

0 komentar:

Posting Komentar