Senin, 24 Januari 2011

MUARA TEWEH 2 (ABOUT LIVING PART 3)

Setelah beberapa hari vakum, akhirnya nulis juga di blog ini. Hemm buat yang nungguin, maap ya, soalnya beberapa hari ini lagi keilangan ide, dan setelah aku baca-baca blog ku, ternyata aku punya beberapa utang tulisan yang aku janjiin, salah satunya, ya menceritakan tentang kota-kota (idih kota ^^) tempat dulu aku menclok-menclok.

Seperti yang aku bilang, kenangan paling banyak itu di Muara Teweh, tempat aku menghabiskan masa abege ku. Mulai dari SD sampe SMP. Kalo di posting yang lalu aku lebih banyak nulis tentang pesona alam dan lingkungan fisiknya, sekarang aku mau cerita tentang campur-camour, hoho soalnya aku juga ngga punya konsep untuk nulis, pokok'e yang ada di kepala langsung aku ketik dah ;)

Aku sekolah di SD yang lokasinya lumayan deket dari rumah. Oiya, dulu aku pindah rumah 3 kali, soalnya biasa, masi ngontrak-ngontrak. Rumah pertama di jalan padat karya, yang kedua juga di jalan padat karya. Dua rumah ini deket banget lokasinya dengan sekolah SD ku, ya paling kalo jalan kaki cuman 5 menit. Karena deket ini, dulu aku sering balik ke rumah kalo istirahat, plus bawa pasukan buat minta es kero. Tau es kero? Es kero itu kayak es lilin, yang dibungkus plastik, trus dimasukin kulkas. Dulu mamah suka bikin es kero, tapi untuk konsumsi sendiri, so soal rasa ngga usah ragu dah, hoho. Ini juga yang bikin temen-temen seneng ngikut kalo aku balik waktu istirahat, soalnya dapet es gratis, en mamah juga pastinya seneng, soalnya es bikinannya banyak yang suka. Dulu yang biasa dibikin es itu kacang ijo (jadi, bubur kacang ijo dijadiin es), en susu. Hemm enak deh pokoknya.

Kalo rumah ketiga, itu baru rumah hak milik, dan letaknya agag jauh dari sekolah. Sayang aku ngga punya poto-potonya, baik rumah pertama, kedua, ato ketiga. Eh ada ding rumah pertama en ketiga, tapi ngga full gitu. Dulu ada, tapi sayang waktu itu potonya ilang en kehapus, soalnya dulu hapenya kena virus, so ilanglah poto2nya, hiks. Ya nanti coba aku cari, sapa tau masih ada, ato ada yang punya? (*khusus buat temen2 di teweh dulu lo pertanyaan ini*) Kasi aku ya, satuuu aja, lebih malah lebih bagus, hoho. Rumah ini akhirnya dijual, soalnya kita uda ngga tinggal lagi di Teweh, ya kejadian dan alesannya sangat cepet dan alesan yang resmi dipublikasikan adalah, ya emang harus pindah, hoho. Ngga ada alesan lain.

Tentang masyarakat di Teweh, umm di Teweh itu, ada banyak suku, ras, dan agama, konsep bhineka tunggal ika ada deh di teweh. Ini karena emang banyak orang dari berbagai daerah yang ditugasin di Teweh, dan apalagi dulu kan masi ada program transmigrasi, so makin berwarnalah kota ini. Tapi, dengan banyaknya ragam orang, bikin kita bisa hidup berdampingan dan saling ngerti. Karena ngerasa sama-sama ngerantau, akhirnya ngga pake sikut-sikutan, orang laen uda kayak sodara aja. Ini yang bikin aku seneng hidup di sana, ya orang-orangnya ngga terlalu ikut campur urusan orang, tapi ngga juga hubungannya jadi jauh, kalian ngerti kan? Oke, aku anggap ngerti, hoho.

Ada satu yang jadi ciri khas Teweh dan mungkin ada di beberapa kota di Kalimantan, yaitu pasar wadai kalo pas puasa. Jadi, kalo pas puasa, itu ada semacam pasar kaget yang bukanya mulai dari sore, sampe magrib, namanya pasar wadai, yang artinya pasar kue. Di pasar ini dijual berbagai kue khas ramadhan, kayak kue lapis, kue lam, kue amparan tatak, bingka kentang, aneka es, kolak, de el el. Bagi yang belum pernah makan kue-kue itu, humm pokoknya yummie deh, bikin suasana puasa jadi lebih kerasa. Kalo sore menjelang buka puasa bisa ngabuburit sambil belanja kue. Dan penikmat dari pasar wadai ini ngga cuman yang muslim aja lo, yang non-islam juga pada terjun buat beli-beli. Humm nulis ini aku jadi laper en ngiler deh, huaa uda lama aku ngga makan kue-kue ituuu,, *mupeng*.

Walo masuk ke kawasan Kalimantan Tengah, tapi bahasa sehari-hari yang dipake itu bahasa Banjar. Sayang, sekarang aku uda ngga bisa, bahkan, logatnya pun uda ngga dapet, ngga tau deh koq jadi lupa begini. Kalo bahasa daerah penduduk aslinya, itu bahasa dayak ngaju en dayak bakumpai. Sampe sekarang, aku belum nemu perbedannya, tapi yang pasti, beda (ya iyalahhhh). Yang lucu, dulu kalo pelajaran muatan lokal, kan ada bahasa daerah tu, nah yang dipake itu bahasa dayak ngaju, jiaahh aku paliiinggg ngga bisa. Sama sekali ngga bisa. Untungnya temen-temen ku pada jago, sssooo tau lah, kalo uda ulangan, ngga lain dan ngga bukan lirik kanan kiri, soalnya, asli kalo ngga gitu, bisa-bisa kertas ulangannya aku gambarin power ranger, dan pastinya nile ku di rapot bakal jadi ranger merah. Berkat lirik kanan kiri ini, ya nile ku selalu ranger item ato biru, en pernah lo dapet 9. Huaaaa bayangin, nile 9!! Kalo aku, waktu itu, ngebayangin aja ngga pernah, dan saat dapet nile itu, cuman satu yang ada di kepalaku, 'pasti gurunya khilaf', hoho.

Di Teweh ini dulu aku aktif di pramuka loh, beneran. Aku ikut kemah berkali-kali. Tapi, uniknya, kemahnya kan kebanyakan persami, dan kita tu ngga pernah yang namanya masak dengan 'benar'. Kenapa? Karena kita punya pasokan makanan yang cukup, secara persami itu kan cuman sabtu minggu doang. Paling pol masak tu nasi goreng, hoho. Makanya waktu tau gimana kemahnya di Jawa, hoho aku nyerah deh, soalnya pada masak semua. Kalo dulu, yang namanya bawa panci, kompor, de el el, itu banyakan, pulangnya masi bersih, alias ngga kepake. Asik kan? Menurutku, kemah itu yang asik di Teweh, hoho.

Teweh itu menarik, dari segi masyarakatnya, lingkungannya, makanannya, dan yang lainnya. Aku suka, dan aku kangen balik kesana. Lain waktu, kalo ada kesempatan, aku bakal ke sana, nengokin dan bernostalgia lagi.

Sekian

PS: Maap belum ada potonya, soalnya kebanyakan potonya dalam bentuk hardcopy, so belum sempet (ato males ya?) scan ^^, nanti kalo uda ada, aku aplot dah..

0 komentar:

Posting Komentar