Jumat, 28 Januari 2011

FUN FUN BABY


Walo aku ngga terlalu deket ama anak kecil, tapi aku suka merhatiin apa aja yang mereka lakuin, soalnya lucu. Mereka itu sukanya protes kalo ada yang salah ato ngga sesuai sama kebiasaan sehari-hari. Waktu sepupuku masi kecil dulu suka ditanyain gini:

"Beng, yang bener itu TELOR apa TEROL?" Kata emaknya

Si Ibeng (sepupuku) bilang: "ihhh ibu, yang bener tu TELOL!!" dia masi cadel r soalnya, so kalo kita dengerin, kan sama aja antara 'r' nya yg ditengah ato 'l' yg ditengeh, lah kan pengucapannya sama-sama L. Tapi kalo ditanya, tetep aja ngotot TELOL, kayaknya gag rela gitu kalo salah ucap.

Trus ada lagi, ini ponakanku, waktu ada iklan gery salut itu, kan ada adegan si cewe2 di iklan itu bilang "MANCAAAPP" ponakanku ini langsung bilang: "ih tante, orang itu salah ya, kan harusnya mantap, bukan mancap". Denger itu aku ketawa juga si, ni anak polos banget ya, maksud iklan itu kan mantep banget, tapi daripada menyesatkan dengan kata-kata mancap ini, aku cuman bilang: "iya, emang tu orangnya salah, nanti kalo ketemu orangnya, bilangin ya..", dan dengan polosnya dia bilang: "iya tante, nanti aku bilangin kalo ketemu". Huhuhu senang rasanya sedikit ngerjain anak kecil.

Mereka juga belum ngerti sama jabatan (silsilah/sebutan?) keluarga. Misalnya ni, aku punya sepupu yang juga masi kecil, dan juga punya ponakan yang masi kecil. Sepupu ku namanya Hasan, ponakanku namanya Faras. Waktu ke Magelang buat liburan, ketemulah kita semua. Waktu itu si Hasan sama Faras maen bareng aku. Insidenpun terjadi, waktu mereka manggil aku.

Hasan: "mba yisssss...."
Faras: "Tanteeee..."
Hasan: "Ini tu MBA Yiss!!"
Faras: "ini TANTE!!"
Aku: "bingung"

Yasudahlah, kita tinggalkan mereka yang mungkin sampe sekarang masi bingung. Ada juga kejadian memalukan. Kalo ini yang malu mamah. Waktu itu lagi kumpul keluarga besar yang di Purwakarta. Biasalah, acaranya ngobrol-ngobrol. Trus waktu ngobrol itu mamah ada ngomong "eh TETEH, waktu itu bla bla bla.." ke Uwa (kakaknya mamah). Trus sepupuku yang masi kecil ngomong: "ih Uwa, itukan WA ATI, bukan TETEH!" Sontak aja pada ketawa semua, haha kena kau mah, diomelin anak kecil. Ya langsung aja diralat :"oh iya, maapin uwa ya dil, iya ini emang uwa, bukan teteh".

Anak kecil juga kalo lagi masanya nanya-nanya juga lucu dan ngeselin. Lucu kalo kita ngeliatin mereka nanyanya sama orang tuanya ato orang lain, ngeselin kalo nanyanya ke kita dan kita ngga bisa jawab, ngeselin karena malu. Tapi, ada cara jitu, ini rumus dari nenekku. Kalo beliau ngga bisa ngejawab pertanyaan anak-anaknya waktu kecil dulu, beliau pasti pake kalimat andelan, yaitu: "itulah kekuasaan ALLAH". Kayak cerita bibi ku waktu kecil:

Bibi kecil: "ma, ma, koq daun itu ijo? Siapa yang ngewarnain?"
Nenek: "itu gusti Allah yang bikin"
Bibi kecil: "emang kapan ngewarnainnya ma? Kan banyak banget?"
Nenek: "itulah kekuasaan ALLAH"
Bibi kecil: "iiihhhh!!!"

Tapi diantara semua kelucuan anak kecil, aku paling seneng ngeliat anak kecil, yang masi kecil banget, yang gerakan motoriknya belum seimbang, pas mereka megang isolasi. Mereka pasti ngerasa risih kan kalo ada yang nempel di tangannya. Pas mau dilepas pake tangan satunya, eh tu isolasi malah nempel di tangan yang satunya, berusaha lagi ngelepas pake tangan yang satunya, eh isolasinya nempel lagi, dst, sampe akhirnya mereka nangis. Makanya kalo ada anak kecil segede itu, aku paling seneng pegang isolasi. Hemm kalo diceritain emang kurang seru, lebih seru dipraktekin, so bagi siapa aja, silakan dicoba pada anak kecil terdekat, hoho.

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar