Jumat, 31 Desember 2010

COUNT DOWN (PART 2): KESENANGAN KITA=KESENANGAN MEREKA?


Detik-detik. Hemm,, bentar lagi emang taun baru. Di sini aku ngga ngebahas tentang introspeksi ato resolusi kayak di gosip-gosip itu. Aku cuman mau ngebahas tentang euforia dan bentuk kita megungkapkan kegembiraan itu. Pasti, kalo ditanya, apa bentuk kegembiraan itu, hampir semua jawab tiup terompet, nyalaain kembang api, petasan, nyanyi nyanyi, joget joget, ato yang lainnya.

Tapi, apa semua orang senang dengan apa yang dilakukan? Misal, niup terompet, ato nyalain petasan. Mungkin, kebanyakan berpendapat, alah cuman setaun sekali doang, ngapain diributin? Aku ngga nyalahin orang yang berpendapat kayak gitu, tapi ngga ada salahnya kalo kalian baca sedikit cerita ini.

Taun kemaren, kayak biasanya, taun baru diwarnai ama kembang api, terompet, sama petasan di purwakarta. Tapi, ditengah gegap gempita orang-orang yang kesenengan, ada satu cerita, cerita yang bisa dibilang ngga menyenangkan. Waktu itu, kira-kira jam 7 ato jam 8, seorang anak bajunya dan badannya kebakar gara-gara bajunya kemasukan petasan. Tau siapa pelakunya?? Seorang bapak beranak 2!! Bayangin, bapak-bapak yang masi berjiwa ABG ini lagi asik main petasan. Si korban juga lagi asik main di depan rumahnya, sambil mamerin baju barunya di depan temen-temennya (maklum masi kecil, so kita maklumi dia pamer-pamer). Lagi bahagia-bahagianya pamer baju, eh, ngga disangka-sangka, si bapak-bapak itu ngelempar petasan, dan ngga tau kenapa, si petasan malah masuk ke baju si anak. Huaaa, bayangin, petasan yang suaranya kayak geledek itu masuk ke baju, ada di antara kulit dada dan baju si anak. Dan, duarrrr!!! petasan pun meledak. Si anak ngga pingsan, tapi, waktu dibawa ke rumah sakit, dia sempet ngomong: "mama, dada ade koq aneh? kayak ada yang ngetok". Ternyata dia ngerasa aneh sendiri sama detak jantungnya yang kenceng banget.

Sekarang, mungkin anak itu uda sembuh, aku ngga tau gimana kabar selanjutnya. Tapi, bisa dipastikan, jantung anak itu sudah lemah. Dan si bapak? Oh, aku kira pasti dia cuman bisa minta maaf dengan kelakuan dia yang ngga bisa dipikir dengan akal ini. Bayangin, bapak, yang uda punya anak, eughh aku ngga mau ngasi komentar yang menurutku ngga sopan di blog ku ini. Memang, aku ngga tau gimana bentuk tanggung jawab yang dilakukan bapak itu, cuman 1, aku berpegang sama tangan dibalas tangan, so jantung juga dibalas jantung. menurutku, itu bentuk tanggung jawab yang setimpal.

Dari cerita ini, ya sebaiknya yang ingin merayakan tahun baru, ya boleh kalian ber-riuh-riuh-an dan bersenang-senang, dan menganggap ini setaun sekali. Tapi, bijaklah, yang hidup di sekitar kalian ngga cuman kalian sendiri, masih ada orang lain, yang mungkin terganggu dengan tindakan kalian. Aku lebih seneng kalo kalian bersenang-senang di tempat-tempat yang memang untuk bersenang-senang, misal di cafe, alun-alun, ato diskotik, karena tempat-tempat itu emang menyediakan sarana, dan aku yakin mereka sudah dapet ijin. Kalo ngga mau ke tempat itu, ya mending nyalain petasannya di dalem rumah sendiri, kan malah lebih puas tuh, didenger sendiri, ngga usah bagi-bagi ama yang lain. Dan menurutku, semua tanggal itu unik, coba aja, tanggal 2 januari 2011 itu juga terjadi 1 kali seumur hidup, so ngga usah berlebihan lah. Soal ganti tahun, ya apa bedanya sama ganti bulan? Januari ke pebruari, 2010 ke 2011?

sekian.

0 komentar:

Posting Komentar