Minggu, 26 Desember 2010

MARAH


Pengen mendukung timnas Indonesia? wajar, itu sangat wajar. Mengeluarkan aspirasi? Wajar. aku baru liat berita, ternyata ada ricuh penjualan tiket. Wuih, liatnya aja, manusia uda kayak semut, para pasukan pengamanan uda gag bisa berbuat banyak. Apa sebabnya? Ternyata mereka ngga sabar ngantri tiket, dan proses penjualan tiket terlalu berbelit-belit. para calon penonton ini langsung merusak segala fasilitas yang ada, bahkan sampe lapangan aja dirusak. Selain merusak fasilitas, ternyata ada korban jiwa juga. Korban yang meninggal 1 orang, yang kemudian diketahui adalah seorang pemulung, dan satu orang lain, yaitu penjaga tiket, harus dilarikan ke rumah sakit karena cidera dikerubuti ribuan orang. Bayangin, meregang nyawa ditengah-tengah ribuan orang, aku ngga ngerti, emang ngga ada yang ngeh kalo ada korban? dan lagi-lagi yang disalahanin itu polisi. eugh uda gini pada cuci tangan deh yang nginjek-nginjek. Trus mereka tu ngga mikir ya, satu orang, dikerubuti ribuan orang? Waduh kayaknya mereka juga ngga punya perkiraan ni, dikiranya penjaga tiket itu punya 9 nyawa kaya kucing ya. abis dinjek2, mati, trus idup lagi? Memang ngga manusiawi.

Setelah ngerusak-rusak fasilitas, mereka teriak-teriak ngga jelas, tapi kata paling populer tu turunkan nurdin, sama anjing. Padahal kita bisa pake istilah yang lebih sopan tapi bermakna sama, misalnya guk guk. Kalo biasanya "nurdin anjing", kan bisa diganti jadi "nurdin guk guk", kan jadi lebih lucu. Ouw balik ke masalah awal, apa ini budaya bangsa? Aku dengan tegas bilang, BUKAN, ini budaya mereka, aku ngga ikut2 punya sikap kayak gitu. Tapi, gimana kalo negara lain yang ngejudge Indonesia negara rusuh? Kalo aku yang jawab, ya mereka bukan orang Indonesia koq, hoho. Terus, aku juga curiga, mereka2 juga pasti yang ikut2an menghujat Malaysia, hemm kalo gini sih yang menghujat ngga jauh beda ama kata-katanya. Aku bukannya ngga punya rasa nasionalisme, ngga mau ngebelain Indonesia dari orang2 yang uda ngehina en ngambil budaya2 Indonesia. Aku cuman mikir, yah kalo aku ikut2an menghujat, apa bedanya sama mereka? Kalo ngga diladenin kan lama2 brenti sendiri. that's it.
gila ni lautan manusia

Aku ngga ngerti, sebenernya apa masalah dari para suporter ini, la wong tiketnya emang abis, mau diapain lagi? Kalo sampe overload, pasti disalahin juga kan? Digunakan sebagaimana mestinya, eh bikin rusuh. So, what's the matter? Beli tiket itu ibarat beli gorengan. Kalo gorengannya uda habis, ya mau apa lagi? Masa si emang gorengan kita paksa? Ngga mungkin kan?

Di sini aku ngga mihak PSSI ato pemerintah. Aku ngga ngerti gimana PSSI sampe sebegitu marahnya mereka ama PSSI. PSSI juga emang kurang becus karena ngga siap sama pembeludakan penonton. Mereka juga mungkin berusaha mengatasi dengan penjualan online, tapi mereka ngga memperkirakan kalau yang akses bisa sampe sebegitu banyaknya, dan akhirnya eror. Ini amat disayangkan, karena mereka ngga bisa belajar dari yang kemaren2, dan sayangnya, koq malah mereka juga yang menangani masalah tiket. La yang kemaren aja ngga ok, sekarang masi nanganin, coba pake third party aja, kan malah lebih fokus. Ini, make third party, tapi juga yang ngga kompeten, apa emang ada pernasalahan dana? Kalo ini, aku ngga tau.

So, buat semuanya, jangan pake emosi dah ya.
Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar