Sabtu, 25 Desember 2010

MUARA TEWEH, ABOUT (LIVING PART 2)

Bagi yang belum tau, pasti bingung, apaan itu muara teweh? Ok, akan aku jelasin. Muara Teweh itu ibu kota kabupaten dari Barito Utara, salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah. Belum ngeh juga? Coba aja cari di peta, pasti ada. Kotanya ngga bisa dibilang gede, bahkan kalo mau keliling kota, aku rasa cuma dibutuhkan 1 hari aja, itu aja uda lebih, hoho. Kotanya lumayan sepi, apalagi di jalan, kalian bisa nyebrang jalan seenaknya, ngga kaya di semarang, magelang, ato jakarta, ato purwakarta sekalipun. Tapi diantara semua kota yang uda aku singgahi, kayaknya aku paling nyaman tinggal di kota ini. Kota yang tenang dan ngga banyak preman ato pengemis, belive me, ini beneran. Mungkin karena kotanya kecil, so sumber daya yang bisa dimanfaatkan masi banyak. Satu lagi yang aku suka, di sana ngga ada istilah rasis, sara, ato semacamnya. Kita hidup bertetangga tu kayak keluarga aja. Mungkin karena semua ngerasa ngerantau ya, jadi rasa saling menghirmati itu ada. Ah ngga sama deh kayak di tempat lain, yang walopun sodara kadang saling sikut ato gimana (aku ngga tau pandangan kalian, tapi ini menurut ku).

suasana jalannya. lengang kan?

Terakhir aku ke teweh (muara teweh, red) tahun 2006, aku ngga tau udah kayak gimana keadaannya. Katanya udah makin rame sama makin maju. Aku liat dari poto2 temen2 aja. Uda ada bank (dulu ada, cuman untuk bank swasta masi dikiiiiiittt banget), trus ada apa lgi ya? Kalo pusat perbelanjaan uda masuk belum ya? Kayaknya masi belum deh, ya mungkin kayak indomart mungkin udah, hohoho. Kayaknya kalo mo ngemall harus ke banjar dulu deh. Kasian ya? Tapi ngga papa lah, kan kita masi bisa idup en seneng2 walo tanpa ngemall, hoho. Oh iya, juga uda ada studio poto, maklum, jaman aku masi SMP, belum ada, tapi, sekarang uda ada lo, beneran.

ini bukan bank swasta yang aku maksud si, abis ngga dapet lagi, hoho..

Di Teweh tu yang paling aku seneng, kalo lagi musim seluang. Kalian tau seluang? Jenis ikan, tapi kecil kecil, rasanya enak, gurih lagi. Kalo lagi musimnya, heuhh dijualnya muraahhh banget, kadang malah dapet gratis. Kalo digoreng sampe kering, trus dimasukin toples deh, dijadiin cemilan. Gambar ikannya kayak gini nih.

seluang, ikan imut tapi enak, yummiieee

Duren, wah ini juga banyak kalo lagi musimnya. Ngga kaya di Jawa, harga durian tu mantep banget mahalnya, kalo di Teweh, bias lumayan murah. Soalnya jenisnya masih local gitu, trus ditanemnya masi di hutan duren, belum ada yang budidaya duren. Pantes aja murah ya, soalnya ngambil langsung dari hutan. Tapi rasanya mantep lo, cos masi asli bikinan hutan. Bahkan sampe dibikinin tugu gitu. Aku aja baru tau waktu searching2 gambar, eh ternyata ada tugu duren. Ni gambarnya

tugu duren, aku ngga tau sebenernya letaknya di sebelah mana, apa ini di bunderan bupati ya?

Sama kayak kebanyakan daerah di Kalimantan yang dilalui sungai, pasti ada lanting. Lanting itu rumah, tapi dibangun di atas aer/sungai. So mereka ngga pernah kebanjiran lo. Kalo aer sungai lagi naek, lanting juga ikut naek, keren kan? Saying, aku belum pernah ke lanting, soalnya ngga punya kenalan or temen yang tinggal di lanting, padahal pengen banget. Kan kayaknya seru gitu. Rumahnya ngga sestabil yang ada di tanah, bisa goyang-goyang.

lanting

Walo masi masuk propinsi KalTeng, tapi kalo mau kemana-mana harus ngelewatin Banjarmasin, kota nya KalSel, ngga tau kenapa, tapi, kalo diliat dip eta, emang teweh itu ada di pinggir, selain itu juga, mungkin karena keterbatasan sarana dan prasarana. Oiya di teweh juga ada bandara, tapi ngga tau, masi beroperasi ato ngga. Kalo dulu, yang beroperasi di bandara itu sejenis pesawat-pesawat kecil, rute penerbangannya juga ngga jauh-jauh koq. Kalo lewat jalan darat, ke Banjarmasin tu sekitar 9-10 jam deh (hoho paling ‘deket’ ke banjar, dan ‘deketnya’ itu 10 jam perjalanan).

Karena aku paling banyak inget tentang kota ini, maka aku bikin dua seri tentang muara teweh, untuk bagian selanjutnya, sedang dalam proses. Terima kasih. ^^

Sekian.

1 komentar:

rusmannulis mengatakan...

Wah pengen juga ke teweh tuh ! Kota yang kalo banjir rumahnya semakin ikut naik. Jadi di atas air ya tu rumah ?

Posting Komentar