Kamis, 23 Desember 2010

TKI-TKW

dari banyak kasus yang terjadi, sebenernya siapa yang bikin geregetan coba??
pemerintah? ya agag, tapi bukan pemerintah
agen penyalur?? hemm emang, tapi bukan mereka.
orang2 yang suka demo? ah ini cuman menyalurkan hobi, no problemo..
nenek kita? ini gag ada hubungannya..

yang bener tu, ya si TKI or TKW nya sendiri. udah tau bakal celaka, eh masi diminati lagi. ya kalo celaka di negri sendiri, paling ngga ada keluarga, ato sodara, tetangga, ato sapa aja yang bisa nolong. nah kalo di negara orang? sapa yang mau nolong coba?? di negri sendiri masi banyak yang harus dikerjakan bung/neng, gag usah berani ke negri orang kalo emang belum punya bekal yang cukup. kalo cuman buat jadi (maaf) pekerja rumah tangga, di negri kita juga banyak koq yang butuhin. apalagi sekarang rasio cewe karier makin banyak.

inget lebaran kemaren sodara ku kelimpungan nyari2 orang gara2 orang yang dulu merit semua. nyarinya aja susah banget, sampe mengerahkan semua personil keluarga. nah, itu bukti kalo emang lapangan pekerjaan masi banyak di negri kita.

untuk yang uda punya bekal, ya itu masalah lain. berarti mereka uda bisa survive dengan kemampuan mereka. sebutan untuk pahlawan devisa, ya itu emang bener, tapi, apa kita harus menjadi babak belur dulu buat jadi pahlawan devisa, sedangkan devisa yang disumbangkan pun, diragukan akan masuk ke kas negara. sudah saatnya memikirkan diri sendiri. biasanya memang himpitan ekonomi, dorongan dari suami, orang tua, dan saudara2 yang lain. tapi, sekali lagi, saatnya untuk memikirkan diri kita sendiri. sudah jelas orang-orang yang mendukung untuk menjadi TKW di negri orang itu cuma mikirin diri mereka sendiri.
sekian.

0 komentar:

Posting Komentar