Jumat, 17 Desember 2010

PENGAMEN DKK



Pengamen tu lebih banyak bikin dongkolnya daripada menghiburnya. bayangin, kita lagi enak-enaknya istirahat di bis, digangguin pengamen. belum lagi kalo yang dateng ke rumah rumah, kadang pake plus plus segala kalo gag ketahuan, plus maling maksudnya. soalnya uda beberapa kali kejadian, ya emang si, paling yang diambil tu barang-barang kecil, tapi kan gondok juga. karena sering gondok, yaudah, aku sering kerjain, aku kasi aja tu pengamen duit 100, dan biasanya langsung dibalikin sama mereka ato dibuang. hoho bagi mereka itu penghinaan kali ya, tapi kalo mereka sadar, itu tu rejeki. kalo dibuang, biasanya salah satu dari rumah ku yang liat langsung ngambil, sambil teriak "alhamdulillah, berarti ni uang masi rejeki ku", dan eng ing eng, tu pengamen langsung nengok n ngeliatin muka dongkolnya. bbbuahahahahhaha, puas rasanya.

sori ya, aku bukannya menghina profesi pengamen, tapi, siapa juga gag ilfill en curiga kalo liat kelakuan mereka yang gag sepantasnya itu. misalnya di bis, kalo ngga dikasi, mereka tu kadang suka ngomong yang ngga nyenengin, trus kalo di rumah rumah, ya itu dia, kadang kalo gag maling, ato ntar lempar lempar batu, ato apa lah, pokoknya empet banget liatnya.

oiya, aku juga pernah denger kalo pengamen juga diorganisir, terutama yang pengamen kecil-kecil. kalo yang suka naek bis damri dari leuwi panjang, pasti tau pengamen2 ini. ada yang masi kecil banget (kayaknya dibawah 5 tahun deh), trus yang rada gedean 2 ato 3 orang. nah si anak-anak ini ditampung sama ibu-ibu gitu, en katanya dari hasil mempekerjakan anak-anak ini, si ibu-ibu itu uda bisa beli rumah sama beli motor langsung 2 biji. nah lo, niat mau nolong anak-anak ini, taunya yang tertolong malah si ibu-ibu yang tiap sore nya nungguin setoran. rasanya mau chiiiaaaaatt-in tu ibu-ibu deh kalo ketemu.

satu lagi, pengemis. itu juga bikin sebel. baik itu pengemis yang uda tua tua, ato yang berkedok yayasan, itu aku kategorikan sama. pernah ada pengemis yang dateng, karena uda tua, ya kita kasi sepantasnya lah. eh besokannya dia dateng lagi, dateng lagi, dateng lagi, pokoknya dateng terus. jiahhh ini mah bukan ngemis lagi namanya. sejak itu uda males deh ngasi ke orang-orang kayak gini, belum lagi pemberitaan di tipi yang bilang kalo ini diorganisir. weleh, kita ditipu banget ni.

ada beberapa profesi lagi sih yang nyerempet2 kayak gini, misalnya badut ngamen, baca puisi keliling, topeng monyet (tapi kalo ini, keliatan lah effort mereka untuk hidup, so aku masi mending liat ini). aku masi mending ngasi ke kakek-kakek yang jualan celengan ayam (bayangin, masi ada yang jual celengan ayam). padahal celengan itu kan berat, tapi kakek itu kuat lo manggul, aku ngga ngebayangin, dari mana en sampe mana kakek itu jalan. tapi, salutnya, si kakek itu gag mau lo kalo dikasi, katanya mendingan celengannya aja yang dibeli. hemm salut deh kek, perjuangan anda memang oke (aku bingung mau bilang apa, pokoknya si kakek ini emang oke).

dari pendapat-pendapat aku ini, oke, kalo ada yang bilang sombong, gag papa koq, saya menerima dengan sakit hati, hoho ngga ko, just kiddin'. aku si berpendapat, mending kalo mau ngasi, dikasi aja ke yayasan atau lembaga zakat yang jelas. toh masih banyak sodara-sodara kita di panti asuhan, ato di lokasi2 bencana, lokasi2 daerah tertinggal, ato kaum-kaum yang emang bener2 butuhin. daripada kita ragu, apakah rejeki yang kita sisihkan itu sampai ke orang yang benar2 berhak, lebih baik kita salurkan ke lembaga itu. gag perlu malu kalo nyumbangnya cuman dikit, yang penting ikhlas aja, dengan bantuan yang sedikit itu, mereka bisa tersenyum.

sekian.

0 komentar:

Posting Komentar