Jumat, 24 Desember 2010

MENU???


jangan berpikiran positip dulu ya. tiap pagi aku pasti ditanya: "yis, hari ini mau makan apa?". ato "mamah uda beli ....(jenis bahan makanan), mau diapain?"

ternyata susah ya. dulu waktu masi awal awal aku semangat. mau makan ini, mau makan itu. tapi, lama-lama stok jenis makanan ku abis, en aku bingung. Dikirain gampang ya, tapi ternyata susah juga, walo indonesia punya banyak banget jenis makanan, tapi gag sebanyak hari yang kita lalui. hihihi, aku geli sendiri baca bahasa ku, sinetron skaleee.

balik ke masalah menu, wew ternyata nentuin menu doang bikin pusing ya, bisa mikir mule dari malem, trus sampe paginya, belum ketauan mau apa (biasanya aku uda mikir dari malemnya lo, hoho). masalah masalah yang bikin menu jadi terbatas tu ya:

  1. 1. Sayuran dan temen-temennya tu terbatas jenisnya yang dijual di warung. Apalagi kalo mau bikin menu yang agag nyeleneh dikit dari peradaban Indonesia, agag susah. Kudu ke swalayan dulu ato ke pasar.
  2. 2. Keterbatasan alat. Sebenernya bukan keterbatasan, tapi males beresinnya. Misalnya yang kudu pake panggang2an, ato bakar2an. Kan ribet tu beresinnya.
  3. 3. Gag tau cara masaknya. Nah kalo ini ngga bias diapa-apain deh.

Gagal ato ngga sesuai harapan juga sering lo. Misalnya waktu bikin jamur crispy, awalnya semangat waktu dapet resepnya, eh taunya pas masaknya jadi eneg sendiri. Heuhh ini mah mending beli aja, aku saranin buat kalian2 yang mau bikin jamur crispy, mending beli aja ya. Sebenernya rasanya oke, tapi, karena kudu bikin atu2 en lama, so bikin giung (hemm apa ya bahasa indonesianya? Ya eneg itu deh kayaknya) aja, nyium bau telor beberapa lama. Trus waktu bikin pindang ikan. Ini juga mending beli, cos gag tau, pokoknya jadi beda rasanya sama yang biasa dibeli.

Tapi dari sekian kegagalan, ada yang berhasil juga untuk nyobain resep baru. Bikin spageti. Hahahha aku selalu bangga, karena aku bias bikin spageti, bayangin, aku bikin saos nya itu dari tomat, bukan dari saos instan buat spageti. Umm it’s make me wanna fly, lebay deh.

Oiya, aku juga punya pengalaman masak bareng temen-temen. Bahkan dari usia dini. Ni ceritanya:

  1. 1. Waktu SD, ini waktu ada ujian muatan local, kita disuruh praktek masak ama guru. Tapiii masaknya di rumah. Hahaha aku rasa guru-guru SD ku pada khilaf deh, masa masaknya di rumah? So bias ditebak, yang masak bukan muridnya, tapi malah gurunya. Terbukti dari jenis menu nya. Kalo ngga salah, dulu kelompokku (mami-maminya) bikin ayam panggang, sayur lodeh, sambel, krupuk, tahu cetak (aku ngga tau, pokonya kayak tahu yang dikasi bumbu, daging, dicetak, trus dikasi telor puyuh gitu), sama ada lagi, tapi aku lupa. Jiahh ini sih ajang pamer makanan aja, sedang kita, para murid, bengong-bengong aja inosen, yang penting dapet nile, selesai deh.
  2. 2. Waktu SMP, ini waktu ABG-ABG nya aku. Waktu itu masi suka ngegeng-ngegeng gitu, waktu itu aku bareng sobat2 SMP ku, ada nira, cony, yanti, ama neneng. Hihihii, bayangin beli bahan sendiri, bikin sendiri, dan akhirnya, ya cukup memuaskan. Dulu sih kita bikin yang gag ribet. Kalo ngga salah dulu pengen bikin kue sus, soalnya katanya mamahnya neneng bias bikin. Tapu setelah dipikir2, mending bikin yang lain aja. Ahirnya kita bikin kue kering biasa. Lucunya waktu mau ngebentuk tu kue, berhubung kita gag ada yang bias, ahirnya freestyle aja. Ada yang bikin hurp, angka, bullet, kotak, lonjong. Dan terbantu di akhir dengan datengnya mamahnya neneng, ahirnya yang ngebentuk mamahnya neneng, sedang kita cuman manggang. Xoxoxo. Besoknya, kita bawa ke sekolah buat dipamerin (dulu suka pamer), en dipuji2, huaaa makin terbang deh. Setelah itu kita juga beberapa kali bikin kue, kayak sus kicik-kicik, trus kue apa aku juga lupa namanya.
  3. 3. Waktu SMA, nah kalo ini, berhubung temen SMA ku pada bias masak, so masak yang rada susah, kayak sop, trus bikin bola marie (aku rasa kalian semua tau, en tau betapa gampangnya bikin ini, bahkan pemula pun gag bakalan gagal). Heum ini juga oke, tapi kita gag pake acara pamer di sekolahan. Hoho.
  4. 4. Waktu kuliah. Ha kalo pas kuliah ini beberapa kali.

· Pas taun baru, temen-temen kos di Winnie house pada bakar jagung plus bakar ayam. Hoho untuk menu yang lainnya kita beli. Pokonya rusuh deh, yang namanya ruang tamu uda disulap jadi kayak ruang tipi. TV ditaro di ruang tamu, karpet, trus pada bawa selimut, cos waktu itu dingin, bantal. Rencananya mau nonton bareng, eh taunya setelah perut kenyang, pada gag tahan, tidor semua deh J

· Masak bareng heni. Haha kalo ini gag lain, yang kita bikin tu pasti bubur sumsum. Soalnya heni tu hobi banget, selain masaknya gampang, rasanya juga gag malu-maluin.

· Masak bareng Irma. Uda berapa kali ya? Kayaknya uda banyak deh, dari bikin risoles (ini berhasil), bikin martabak manis (gagal), trus bikin apa itu yang buat praktek di tempat KKN nya Irma, aku lupa. Bisa dibilang banyak berhasilnya koq. Ya meskipun kadang nyerempet gagal.

· Masak bareng sinta. Ini berjalan seminggu. Gayanya, kita mau masak aja buat makan, gag usah beli. Tapi setelah seminggu (ato gag sampe ya?), aku pikir ribet banget, yaudah, udahan deh. :P

Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar